‘Kotak Bento’ Ini Ada Karena Power dan Torsi Honda Meningkat, Marc Marquez Tambah Cepat !

RiderTua MotoGP – Pembalap uji ( Tes Rider) MotoGP Honda, Stefan Bradl, ternyata tidak hanya membalap dengan sasis baru yang berlapiskan serat karbon di Jerez. Pembalap Repsol Honda Marc Márquez menggunakan motor Bradl. Dia juga mencoba untuk pertama kalinya langkah yang diambil Ducati dengan kotak salad Ducati. Namun karena ini tim Jepang sepertinya julukan bagi HRC adalah  ‘kotak bento’ ( kotak makan siang). ‘Kotak Bento’ ini ada karena power dan torsi Honda meningkat, Marc Marquez tambah cepat !

2 Fungsi ‘Kotak Bento’ Mirip Ducati pada Honda RC213V 2019

Memang namanya rahasia teknologi pastinya tidak ada yang tahu persis apa yang ada di dalam kotak. Pertama kali terlihat pada tes Sepang bulan Februari, dan fungsinya antara lain

  1. Berisi potongan-potongan elektronik (yang awalnya berada di bawah tangki bahan bakar). Tujuannya untuk membuat jalan bagi kotak udara (airbox) yang lebih besar dan injektor bahan bakar baru. Tujuan dua fungsi ini adalah membantu meningkatkan power dan torsi RC213V .
  2. Posisi berat motor dibuat sejauh mungkin dari pusat (tengah) motor. Dimana tujuannya membantu meredam getaran dan chatter. Dan bukan tidak mungkin kotak itu berisi semacam peredam (mass damper).

Power dan Torsi Honda Meningkat, Marc Marquez Tambah Cepat !

Pada hari Senin, pembalap Repsol Honda Marc Márquez menggunakan motor Bradl. Dilengkapi dengan sasis baru dan kotak bento. Demi mencetak waktu tercepatnya di akhir pekan. Namun menurutnya tidak akan segera memakai paket baru itu dalam balapan.. Marc Marquez memang sudah mencoba motor baru dengan sasis karbon dan kesannya memang ada plus dan minusnya.

Namun toh kalau ada kelebihan pastinya Marc Marquez tidak akan sembarangan mengumbar penyataan ke media. Lawan akan bisa mendetaeksi dan akan membuat cara yang sama. Bisa jadi ini akan menjadi senjata yang ampuh bagi Marquez tahun depan. Saat ini masih fokus dengan paket 2019. Karena dengan merubah sasis akan adaptasi beberapa faktor lainnya termasuk gaya balapnya…

Be the first to comment

Leave a Reply