Rebutan Kue! Ada 5 Sirkuit Baru Masuk Daftar Kalender MotoGP, Ada 2 yang Tersingkir ?

RiderTua MotoGP – Gelaran MotoGP berkembang terus, banyak negara yang bernafsu menjadi penyelenggaranya. Saat ini tercatat ada 19 seri sudah digelar. Dengan rencana maksimal 22 seri dalam semusim, akan menyisakan 3 slot. Maka akan ada penyesuaian agar semua menjadi nilai “strategis-ekonomis ” bagi semua pihak. Eropa menjadi negara yang paling banyak menggelar balapan dan kemungkinan akan terkoreksi sesuai dinamika potensi masing-masing negara bersangkutan. Ada 5 sirkuit baru masuk daftar kalender MotoGP, ada 2 yang tersingkir ?

Ada 5 sirkuit baru masuk daftar kalender MotoGP

Ada 5 sirkuit baru masuk daftar kalender MotoGP

1. Indonesia: Diperkirakan bergabung dengan MotoGP pada tahun 2021. Sirkuit akan dibangun di Mandalika dekat Lombok.

2. Meksiko: Berpotensi bergabung dengan MotoGP pada 2021. Sirkuit Autódromo Hermanos Rodríguez Formula Satu di Mexico City.  Dipertimbangkan secara serius untuk mendapat tempat di kalender tahun ini. Namun terkendala masalah keselamatan. Dan rumor yang berkembang bahwa MotoGP akan segera menuju ke negara Amerika Tengah itu dalam waktu dekat.

3. Finlandia: Kemungkinan bergabung dengan MotoGP pada tahun 2020. Pembangunan sempat dihentikan selama enam bulan di trek Kymiring. Berita baiknya akan dipakai tes untuk tim uji MotoGP akhir tahun ini. Dan jika sesuai jadwal akan menggelar balapan tahun depan (2020). Sirkuit Finlandia memang dibangun khusus untuk balap sepeda motor.

4. Brazil: Kemungkinan akan menggelar MotoGP di 2021. Mereka sudah menandatangani kesepakatan tahun lalu untuk bergabung dengan kalender MotoGP pada tahun 2021. Sebagai tambahan untuk seri kedua trek Amerika Selatan.

5. Kazakhstan: Sepertinya sudah siap untuk menjadi tuan rumah. Kazakhstan berjuang untuk dapat menjadi penyelenggara MotoGP selama bertahun-tahun. Mempromosikan investasi mereka tahun ini dengan mensponsori pembalap Kazakh Makar Yurchenko di Moto3. Namun Kazakhstan sepertinya hanya menjadi sirkuit cadangan jika sirkuit lain tidak dapat memenuhi komitmen mereka.

Jerez dan Valencia kokoh

Jika akan ada calon 5 negara baru, sedangkan sekarang ada 19 seri dengan jumlah maksimal 22 seri. Maka akan ada 2 sirkuit saat ini yang akan mengalah… Qatar tetap menjadi penyelenggara hingga 2031. Kemungkinan seri Spanyol akan terkoreksi.. Dimana ada empat balapan di dalam negara asal Dorna di Spanyol. Empat seri di Spanyol itu adalah: Jerez, Valencia, Barcelona dan Aragon. Siapa yang tersingkir…?

  • Jerez, sepertinya akan kokoh karena Qatar akan berinvestasi besar disana
  • Valencia, membayar premi besar untuk menjadi tuan rumah di akhir musim, kuat juga
  • Barcelona, sepertinya harus waspada…
  • Aragon, juga dalam bahaya. Namun kedua sirkuit tadi ( Barcelona dan Aragon) merupakan bagian balapan penting dari MotoGP. Sepertinya tidak akan dihapus, mereka kemungkinan akan bergantian setiap tahun.

Jadi kemungkinan besar Kazakhstan akan berat bersaing dengan Spanyol… Untuk Barcelona dan Aragon akan bergantian setiap tahun.. Pas sudah 22 seri..  Yang penting Indonesia masuk pak Ekooo…

Be the first to comment

Leave a Reply