GM-Ford-Toyota Kerja Sama Buat Aturan Keamanan Mobil Otonom

general motors indonesia

RiderTua Mobil – Mobil otonom sudah menjadi impian bagi setiap produsen mobil di dunia. Namun keberadaan mobil tanpa supir ini mengundang kekhawatiran bagi segelintir orang. Karena bisa saja program yang dipakai diretas atau semacamnya. GM-Ford-Toyota kerja sama buat aturan keamanan mobil otonom.

Baca juga: Indonesia Masih Belum Siap Sambut Kendaraan Listrik ?
RMA-Ford Indonesia
(Foto: Autotekno SINDONews) RMA-Ford Indonesia

GM-Ford-Toyota Kerja Sama Buat Aturan Keamanan Mobil Otonom

Kekhawatiran jika suatu saat keselamatan mobil otonom akan membahayakan penumpang atau orang lain, maka produsen mobil perlu melakukan sesuatu. Seperti yang dilakukan oleh General Motors, Ford, dan Toyota, dengan bekerja sama membuat aturan keamanan mobil otonom.

Aliansi tersebut akan tergabung dalam Automated Vehicle Safety Consortium (AVSC). Ketiganya juga bekerja sama dengan Standards Group SAE International. Mereka akan mengembangkan dan menguji SAE kevel 4 dan 5 kendaraan otomatis (otonom).

Kabar ini akan menjadi kabar positif. Hal ini mengingat semakin banyaknya produsen mobil yang mengembangkan mobil otonom. Maka perlu adanya aturan bagi mobil jenis ini.

SAE sebenarnya sudah harus diketahui oleh semua industri otomotif. Namun sepertinya penerapannya masih belum maksimal. Seperti kapan teknologi tersebut bisa diluncurkan ke publik.

Dengan adanya konsorsium ini, maka pemerintah diharapkan bisa mempercepat pengembangan standar, yang dapat mengarah pada pembuatan aturan khusus mobil otonom. Mungkin, masyarakat perlu harus terbiasa dengan keberadaan teknologi otonom pada mobil ini.

Be the first to comment

Leave a Reply