Penjualan Ertiga dan Mobilio Jeblok di Awal Tahun 2019

all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua Mobil – Persaingan di segmen LMPV Indonesia sudah mulai menunjukkan ketegangan. Padahal baru di dua bulan pertama tahun 2019 ini. Apalagi Avanza-Xenia dan Livina sudah mendapat major facelift. Penjualan Ertiga dan Mobilio jeblok di awal tahun 2019.

Baca juga: Renault Mau Membawa Mobil MPV di Indonesia ?

Penjualan Ertiga dan Mobilio Jeblok di Awal Tahun 2019

Sejak kemunculan Xpander dan Confero, banyak rival sekelasnya yang mulai kena ‘getahnya’. Perlahan tapi pasti, penjualan Xpander sudah mengungguli model LMPV Indonesia. Bahkan menyalip Avanza yang sudah lama menguasai segmen sejuta umat ini.

Satu persatu pemain lama di segmen LMPV mulai berbenah, dengan melakukan pembaruan. Dimulai dengan Ertiga Facelift pada April 2018 lalu, kemudian Avanza-Xenia Facelift diluncurkan pada bulan Januari lalu. Diikuti oleh Livina dengan membawa platform Xpander, dan yang terbaru Mobilio, walau sayangnya hanya minor facelift.

Sebulan berlalu, saat hasil penjualan Januari 2019 keluar, ternyata ada fakta mengejutkan. Dari beberapa model LMPV yang ada, Ertiga dan Mobilio mencatatkan penjualan paling rendah.

Sepanjang bulan Januari lalu, Ertiga hanya mampu menjual 894 unit. Sedangkan Mobilio justru bernasib lebih buruk, ada 32 unit saja yang terjual.

Penurunan penjualan yang drastis ini memang disebabkan oleh ketatnya persaingan di segmen LMPV. Sepertinya butuh waktu lama agar Ertiga Facelift bisa memulihkan penjualannya. Mobilio sendiri memang karena minim ubahan atau model baru.

Di sisi lain, Suzuki sudah mempunyai rencana untuk menguatkan kembali penjualan Ertiga. Diketahui akan ada varian Sport yang akan diluncurkan tanggal 22 Maret mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply