Maverick Vinales : Michelin Tidak Harus Mengganti Ban

RiderTua MotoGP – Maverick Vinales adalah salah satu pembalap baru yang tidak merasakan performa ban Bridgestone. Saat dia bergabung di kelas para raja yang dia kenal hanya ban Michelin. Sisi positifnya dia tidak perlu adaptasi dari karakter ban sebelumnya ke jenis baru. Namun waktu yang dia butuhkan untuk belajar ban Michelin begitu singkat. Sehingga jam terbang masih kurang. Namun demikian dia berpendapat ban Michelin bagus dan bisa membuat lap time yang cepat. Michelin Tidak Harus Mengganti Ban kata Maverick Vinales.


Walau terbilang baru, Maverick Vinales mendominasi seri pembuka musim 2017 dengan Yamaha. Kemudian diikuti dengan kemenangan ketiganya di Prancis. Namun musim balap 2018 kering tanpa kemenangan. Sebelum akhirnya dia bisa sabet kemenangan berikutnya di GP Australia 2018. Dimana menurutnya tidak lain karena ban depan baru yang diperkenalkan oleh pemasok ban MotoGP eksklusif Michelin.

“Pada balapan pertama tahun 2017 saya bisa menikung lebih cepat dengan ban depan Michelin. Begitu Michelin memperkenalkan ban tipe baru yang lebih keras, gaya balap berubah. Hal ini semua berhubungan dengan late braking, stop & go. Pada akhirnya, saya berhasil melakukannya di balapan terakhir karena kami banyak mengubah set-up. Ini memungkinkan saya untuk mencatatkan waktu yang lebih baik.”

Michelin Tidak Harus Mengganti Ban

Maverick Vinales mengaku bahwa dia bermasalah dengan waktu mempelajari masalah ban Michelin yang terbatas. “Saya tidak suka karena terbatasnya waktu karena saya tidak bisa bekerja dengan baik dengan Michelin. Saya Suka dengan Michelin karena mereka bekerja dengan penuh semangat dan usaha keras. Mereka memiliki ban yang tepat sampai balapan minggu, jadi kami siap dengan baik. Ban itu sendiri baik dan menciptakan lap time cepat, jadi saya tidak berpikir mereka perlu mengganti ban lagi. ”
Intinya tim yang harus menyesuaikan dengan perubahan ban dan bukan mengganti bannya… (speedweek.com, 13/01/19)

Be the first to comment

Leave a Reply