Toyota Kembali Lakukan Recall Besar-besaran Karena Airbag Takata

Toyota logo
(Foto: Autos) Toyota logo

RiderTua Mobil – Permasalahan airbag Takata menjadi persoalan yang masih dibahas hingga sekarang. Sebab Takata menjadi merek airbag yang paling banyak digunakan oleh produsen mobil berskala besar. Kini masalah tersebut sudah memasuki babak baru. Toyota kembali lakukan recall besar-besaran karena airbag Takata.

Baca juga: Setelah Avanza, Toyota Calya akan Di-Facelift Selanjutnya ?

airbag

Toyota Kembali Lakukan Recall Besar-besaran Karena Airbag Takata

Hal ini terjadi setelah Toyota kembali melakukan recall akibat masalah airbag Takata. Jumlah unit yang di-recall mencapai 1,7 juta unit kendaraan. Namun belum diketahui apakah itu jumlah keseluruhan unit di Amerika Serikat atau di seluruh dunia.

Recall airbag Takata sudah dimulai sejak tahun 2016 silam. Dimana saat itu ditemukan masalah pada komponen airbag ketika mengembang. Masalah tersebut tidak bisa dianggap enteng, karena menyemprotkan pecahan logam dari airbag itu sendiri, sehingga sangat membahayakan pengemudi dan penumpang mobil.

Tercatat lebih dari 290 cedera yang dikaitkan dengan inflator airbag Takata. Ironisnya, 23 kematian juga diakibatkan oleh insiden ini, 15 diantaranya berasal dari Amerika Serikat. Jumlah tersebut melibatkan 21 kendaraan dari Honda dan dua dari Ford.

Tak ingin kejadian seperti ini kembali terulang, maka 19 produsen mobil sudah menarik lebih dari 100 juta inflator di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, tercatat ada 24.662 unit yang memiliki masalah tersebut. Melibatkan mobil mulai dari Alphard, Corolla, Fortuner, Kijang Innova, dan Hilux tahun produksi 7 Mei 2015-29 Januari 2016.

Semua biaya recall sudah ditanggung oleh masing-masing produsen, alias gratis. Konsumen perlu melihat apakah unitnya terdampak recall atau tidak dengan mengecek kembali informasi dari pihak produsen mobil.

1 Trackback / Pingback

  1. Toyota Kembali Lakukan Recall Besar-besaran Karena Airbag Takata | Napsu Modif

Leave a Reply