Setelah Avanza, Toyota Calya akan Di-Facelift Selanjutnya ?

RiderTua Mobil – Saat ini Toyota dan Daihatsu sibuk mempersiapkan peluncuran Avanza-Xenia 2019. Pembaruan ini nantinya akan diluncurkan pada tanggal 15 Januari nanti. Sehingga waktu yang dimiliki mulai terbatas bagi produsen mobil ini. Setelah Avanza, Toyota Calya akan di-facelift selanjutnya.

Baca juga: Toyota Avanza Veloz 2019 akan Mendapat Lebih Banyak Ubahan

Setelah Avanza, Toyota Calya akan Di-Facelift Selanjutnya ?

Namun sepertinya Toyota harus mengalihkan perhatiannya dari model lainnya untuk sementara waktu. Termasuk Calya yang merupakan mobil LCGC andalannya. Penjualannya cukup bagus selama ini, walau harus menganggu pasar MPV dimana ada Avanza dan Innova.

Tercatat Calya diluncurkan pada bulan Agustus 2016 bersama kembarannya Sigra. Meski tanpa pembaruan, penjualannya terpantau cukup baik selama ini. Terbukti pada tahun lalu, Calya menjadi LCGC terlaris, mengalahkan Sigra dan Agya-Ayla.

Namun apakah Toyota terpikir untuk memberi pembaruan untuk Calya? Mungkin tidak. Untuk saat ini Toyota belum mau melakukannya karena masih melihat penjualannya masih baik sampai sekarang.

Biasanya facelift diberikan ketika suatu model mobil mengalami penurunan penjualan. Dan itu terjadi pada Avanza-Xenia sejak kehadiran Xpander. Sehingga untuk Calya (dan Sigra) masih belum bisa dilakukan sekarang.

Sepanjang tahun 2018, LCGC sempat diterpa isu kredit. Dimana saat itu banyak masyarakat Indonesia membelinya secara kredit. Calya-Sigra ikut kena getahnya, namun dampaknya tidak sekeras model LCGC lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply