Ketika Segmen Hatchback Mulai Tergeser oleh SUV

(Foto: AutoCar)

RiderTua Mobil – Dengan semakin cepatnya perkembangan di pasar otomotif dunia, maka mau tak mau segmen lain juga harus mengikuti perubahan yang terjadi. Ketika di satu segmen sedang mengalami peningkatan tren, segmen lainnya malah jadi ‘korbannya’. Ketika segmen hatchback mulai tergeser oleh SUV.

Baca juga: Inilah Hasil Penjualan Mobil Hatchback di Indonesia
Citrus-Mica-Metallic-new-yaris-2018
(foto: dealer toyota denpasar) Citrus-Mica-Metallic-new-yaris-2018

Ketika Segmen Hatchback Mulai Tergeser oleh SUV

Seperti yang terjadi pada segmen mobil hatchback. Diketahui bahwa segmen ini sedang mengalami penurunan tren. Mungkin banyak yang tidak mengetahuinya, termasuk di Indonesia.

Mungkin banyak konsumen yang tak tahu jika hatchback mulai kurang peminatnya. Tentu ini disebabkan karena salah satu segmen, yaitu SUV, sudah menunjukkan peningkatan tren. Apalagi di Indonesia, ditambah dengan populernya MPV membuat hatchback semakin tersisih.

New Toyota Rush 2018 White
New Toyota Rush 2018 White

Toyota merupakan satu diantara beberapa produsen mobil yang merasakan dampak dari tren SUV. Beberapa model selain SUV (kecuali MPV) menunjukkan penurunan dari tahun ke tahun. Salah satunya mobil hatchback Yaris.

Sebagai perbandingan, SUV Rush di Indonesia terjual lebih banyak dari Yaris pada tahun lalu. Tepatnya 49.650 unit sementara Yaris hanya 9.224 unit. Hanya selisih 40 ribu dan itu terlampau jauh, serta angka tersebut termasuk penjualan model sebelumnya dan terbaru yang diluncurkan di tahun yang sama.

Toyota sendiri tidak bisa mengelak penurunan tren hatchback, termasuk produsen lainnya. Mungkin Honda yang tenar dengan Jazz juga mengalami hal yang sama. Walau dengan memberi pembaruan untuk hatchback andalannya, kemungkinan besar tidak akan bisa menarik perhatian konsumen. Mungkinkah hatchback bisa bertahan lebih lama?

Be the first to comment

Leave a Reply