Ini Alasan Mengapa Toyota Pilih Mesin BMW untuk Supra 2019

RiderTua Mobil – Supra 2019 sudah menjadi buah bibir di dunia otomotif. Pasalnya mobil sedan legendaris ini dihadirkan kembali dengan nuansa modern. Baik tampilan maupun dalam mobil semuanya diperbarui. Ini alasan mengapa Toyota pilih mesin BMW untuk Supra 2019.

Baca juga: Inilah Mesin yang akan Digunakan untuk Toyota Supra ‘Reborn’
(Foto: Twitter)

Ini Alasan Mengapa Toyota Pilih Mesin BMW untuk Supra 2019

Diketahui mesin yang akan digunakan pada Supra 2019 merupakan mesin turbo 3.0 liter inline 6 silinder. Mesin ini ternyata juga digunakan pada BMW Z4 Roadster. Artinya mesin tersebut sebenarnya milik BMW.

Mungkin hal ini tidak biasa, mengingat biasanya Toyota selalu menggunakan mesin buatannya sendiri. Tapi untuk Supra 2019 kali ini berbeda. Mengapa Toyota melakukan demikian?

Ternyata Toyota melakukannya karena berdasarkan survei dari pelanggan. Generasi Supra dikenal menggunakan mesin inline-6, dan konsumen meminta tidak ada ‘downgrade’ pada seri selanjutnya. Sayang, saat ini Toyota tidak memproduksi mesin ‘Straight-Sixers’ lagi. Toyota harus mencari cara agar tidak mengecewakan konsumennya. Untuk itulah, BMW digandeng oleh Toyota agar bisa mewujudkan Supra bermesin inline-6.

Selain itu, Toyota memilih mesin ini karena melihat aturan regulasi emisi Euro 6 yang ketat. Mesin inline-6 milik Toyota dikhawatirkan tidak bisa memenuhi standar tersebut.

Toyota dan BMW saling berbagi komponen dalam kerja sama ini yang dimulai sejak tahun 2012. Tak hanya berbagi mesin, tetapi juga sasis, platform, dan komponen mekanis lainnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives