Mio Tak Bisa Menerapkan Fitur ABS Layaknya FreeGo

RiderTua Motor – Yamaha baru saja mengenalkan skutik FreeGo di IMOS 2018 lalu. Model terbaru ini menjadi sorotan karena membawa berbagai fitur terbaru. Salah satunya yaitu ABS (Anti-Lock Brake System). Mio tak bisa menerapkan fitur ABS layaknya FreeGo.

Baca juga: Yamaha Kenalkan Skutik FreeGo 125 di IMOS 2018
Yamaha FreeGo – otospirit.com

Beda ECU

Memang fitur ABS sudah menjadi fitur wajib bagi kendaraan roda empat, namun langka ditemukan pada sepeda motor. Kalaupun ada, itu hanya bisa ditemui pada motor gede (moge) atau motor dengan spesifikasi tertentu. Mungkin ini membuat FreeGo menjadi motor skutik kecil pertama di Indonesia yang memiliki fitur tersebut.

Lalu apakah bisa memberi fitur ABS ini pada model skutik lainnya? Mengenai hal ini, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa sebenarnya tak bisa dilakukan pada model lainnya, seperti Mio. Ini karena FreeGo dan Mio memiliki ECU yang berbeda. Jika diterapkan begitu saja, maka ditakutkan tidak akan bekerja dengan baik.

M. Abidin selaku GM AfterSales & Motor Sport PT. YIMM mengatakan

“Tidak bisa karena ECU berbeda. Kompleksnya di ECU untuk membaca sensor”

 

Yamaha Mio S

Fitur ABS tak berbeda jauh dengan sistem rem biasa. Hanya saja fitur ini berfungsi ketika motor melakukan hard/panic braking (rem mendadak), seperti ABS pada mobil. ABS pada FreeGo masih di level pemula, namun YIMM mengatakan bahwa penambahannya cukup lumayan.

FreeGo melengkapi jajaran skutik 125 cc dari Yamaha, setelah Mio series, Fino, dan model lainnya. Memang tak heran jika Yamaha didaulat menjadi pabrikan motor yang memiliki model skutik 125 cc terbanyak, sementara Honda hanya ada satu, yaitu Vario125.

 

1 Comment

Leave a Reply