Inilah Mobil Suzuki Pertama yang Dikirim ke Luar Negeri


ktm indonesia

all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua Mobil – Kemarin, Suzuki mengumumkan ekspor perdana terhadap All New Ertiga dan skutik Nex II ke beberapa negara. Ertiga akan dikirim ke sejumlah negara di Asia, Amerika Latin, dan Oceania. Sedangkan Nex II dikirim ke Filipina, dan keduanya dikirim dalam bentuk CBU. Inilah mobil Suzuki pertama yang dikirim ke luar negeri.

Baca juga: Suzuki Resmi Ekspor All New Ertiga dan Skutik Nex II
(Foto: car)

Dari Carry Sampai Ertiga

Sudah 25 tahun Suzuki melakukan ekspor mobil ke luar negeri. Ekspor mobil pertama kali dilakukan oleh Suzuki dengan mengandalkan Carry Futura, Carry Real Van, dan Katana. Semua itu terjadi pada tahun 1993.

Carry pada saat itu masih berupa mobil sejenis MPV, sebelum akhirnya dibuat juga menjadi mobil pikap yang diandalkan Suzuki sampai sekarang. Pada tahun 1998, Suzuki mengandalkan Baleno dan Karimun untuk pasar ekspor yang saat itu keduanya masih cukup populer.

Memasuki tahun 2000-an, Suzuki mengandalkan model lainnya, seperti APV di tahun 2004, Carry 1.0, Grand Vitara, dan Swift di tahun 2008, SX4 di tahun 2010, Ertiga di tahun 2013, dan Karimun Wagon R di tahun 2015. Selama 25 tahun tercatat 478.351 unit mobil Suzuki sudah terkirim ke luar negeri.

(Foto: pinterest.co.uk) spyshot karimun wagon R facelift 2018 india

Mengenai Ertiga sendiri, LMPV andalan Suzuki tersebut memulai ekspor di tahun 2013. Tercatat 42.158 unit sudah diekspor hingga tahun ini ke 28 negara. Ditambah dengan kehadiran pembaruan untuk Ertiga terbaru tentu diharapkan bisa mendongkrak penjualan LMPV ini di luar negeri.

 

Be the first to comment

Leave a Reply