Mobil Manual Masih Laris di Indonesia ?


ktm indonesia

deretan low mpv

RiderTua Mobil – Saat ini mobil bertransmisi otomatis atau matik makin banyak digemari di Indonesia. Kebanyakan pemilik mobil matik ini merupakan orang kota yang selalu berkutat dengan kemacetan di jalan. Lalu bagaimana dengan mobil bertransmisi manual ?Mobil manual masih laris di Indonesia?

Baca juga: Kalau Mobil pilih Matic atau Manual bro…???
(Foto: Rajamobil.com)

Masih Banyak Peminatnya

Ternyata dengan semakin banyaknya konsumen Indonesia yang menyukai mobil matik tentu tidak membuat penjualan mobil manual menurun. Dari data penjualan mobil oleh Gaikindo, penjualan mobil manual masih lebih tinggi daripada mobil matik. Walau tidak disebutkan secara spesifik berapa banyak mobil yang terjual.

Seperti yang terjadi pada segmen LMPV, dimulai dari Toyota Avanza. Mobil andalan produsen asal Jepang ini hingga sekarang yang paling laris yaitu varian manualnya. Pada periode Januari-September 2018, varian manual terjual hingga 47.185 unit. Sementara untuk matik hanya 11.397 unit.

Hal yang sama juga terjadi pada Xenia dan Mobilio, dimana masing-masing penjualan mobil manual mencapai 15.453 unit dan 12.204. Namun berbeda dengan pendatang baru Mitsubishi Xpander, dimana varian matiknya yang terjual lebih tinggi daripada manual.

(Foto: Tribunnews.com)

Tercatat penjualan mobil matik Xpander mencapai 45.264 unit sementara mobil manual hanya 15.453 unit. Ini karena varian tertingginya, yaitu Ultimate, hanya menyediakan varian matik saja. Inilah mengapa varian matik Xpander lebih diminati daripada manual.

Mungkin di segmen lain seperti hatchback atau city car, penjualan varian matiknya paling tinggi daripada manual.

 

Be the first to comment

Leave a Reply