Ini Solusi Mengatasi Suspensi Calya yang Sering ‘Ambles’


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Boleh dibilang Toyota Calya menjadi mobil LCGC yang paling laris di Indonesia. Bersama Daihatsu Sigra, keduanya cukup populer karena walau LCGC, tetapi mirip MPV yang bisa muat tujuh penumpang. Itulah mengapa mobil ini cukup laris di pasaran. Namun sayang, ada kabar yang kurang menyenangkan mengenai kemampuan Calya saat muat full 7 penumpang. Ini solusi mengatasi suspensi Calya yang sering ‘ambles’.

Baca juga: Calya-Sigra Amblas Saat Full Penumpang, Apa yang Sebenarnya Terjadi ?
calya sigra ambles
(Foto: Kaskus) calya sigra ambles

Jangan ‘Dipaksakan’

Namun walau laris, baik Calya maupun Sigra memiliki kelemahan yang paling sering dialami oleh konsumen. Ketika mobil diisi penuh oleh penumpang atau beban lebih dari 500 kg, maka mobil bisa amblas. Hal ini memang terjadi karena suspensi Calya cenderung empuk.

Sebenarnya Calya-Sigra bukan sepenuhnya 7 penumpang orang dewasa, tetapi berkonfigurasi 5+2. Yaitu terdiri dari lima orang dewasa dan dua anak-anak. Tetapi kemungkinan banyak konsumen yang salah mengartikannya bisa muat semua penumpang dewasa, sehingga menyebabkan suspensi mobil ambles.

(Foto: JatengPos)

Lalu bagaimana cara agar tidak ambles lagi? Konsumen bisa melakukan upgrade suspensi, dengan cara mengganti spring atau menambah dumper. Jika hal ini dilakukan, mobil tidak akan ambles lagi, namun kelemahannya suspensinya jadi lebih keras tidak empuk seperti suspensi bawaan. Kenapa keras, karena daya redamnya jadi berkurang.

Sebenarnya permasalahan ini sudah dikeluhkan oleh beberapa konsumen Calya-Sigra sejak awal tahun 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply