Wuling Tunggu Penetapan Aturan Euro 4 dari Pemerintah


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Penetapan standar emisi karbon Euro 4 sudah diumumkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2018 kemarin. Standar ini baru bisa diterapkan pada tanggal 7 Oktober mendatang. Maka mulai tanggal tersebut semua produsen mobil harus memproduksi mesin berstandar Euro 4. Bagaimana pabrikan asal China Wuling yang notabene masih berstatus ‘anak baru’ di pasar otomotif Indonesia menyikapi aturan ini ?Wuling tunggu penetapan aturan Euro 4 dari pemerintah.

Baca juga: Euro 4 Hadir, Bagaimana Nasib Mobil Euro 2 ?
(Foto: Kabar Banten)

Siap Kapan Saja

Sebagai pendatang baru di Indonesia, Wuling juga akan bersiap menyambut aturan emisi terbaru tersebut. Produsen mobil asal China ini mengatakan bahwa mereka akan mengikuti aturan apapun yang diputuskan oleh pemerintah Indonesia.

Walaupun begitu, Wuling tak mau menjelaskan lebih banyak tentang apa saja yang sudah dipersiapkan untuk menyambut Euro 4. Karena Wuling sudah mempunyai tim khusus untuk menangani standar tersebut. Jadi pada tanggal 7 Oktober nanti, mereka tinggal mengaplikasikan standar Euro 4 ke mobilnya, seperti Confero dan Cortez.

(Foto: Tribunnews.com)

Tetapi ada perdebatan mengenai harga baru untuk mobil berstandar Euro 4. Entah apakah harganya tetap atau berubah. Wuling mengaku bahwa mereka belum memastikan apakah harganya bisa ditahan atau tidak. Mereka baru akan memutuskannya ketika aturan Euro 4 sudah diberlakukan.

Terhitung tanggal 7 Oktober, semua produsen mobil di Indonesia wajib menggunakan mesin berstandar Euro 4. Tetapi bukan berarti mobil standar Euro 2 dan 3 yang ada dijalanan saat ini diabaikan begitu saja. Lagipula mobil tersebut masih bisa menggunakan bensin berstandar Euro 4.

 

Be the first to comment

Leave a Reply