Detik-Detik Marc Marquez ‘Blokir’ Race Line Jorge Lorenzo !


ktm indonesia


RiderTua MotoGP – Perselisihan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo pasca tragedi tikungan pertama Aragon masih menarik diperbincangkan. Bahkan memicu pendapat dari beberapa pembalap lain seperti Troy Corser ( SBK) yang menilai aksi Marc ini serupa dengan aksi “Jump Start”. Marc melebihi batas lintasan ( keluar trek) saat memimpin ke tikungan pertama Aragon, membuat Lorenzo off line. Hal ini seperti lakukan “Curi start” dan harus dihukum.. Gambar berikut menunjukkan detik-detik Marc Marquez ‘Blokir’ Race Line Jorge Lorenzo..
‏Kontroversi telah meledak setelah Jorge Lorenzo menuduh Marc Marquez lakukan manuver kotor di tikungan pertama dari MotoGP Aragon, yang membuatnya kecelakaan … Diluar lintasan Jorge Lorenzo mengatakan dia menerima telepon dari Marc Marquez sore ini (24/09) menanyakan keadaannya.

Berikut Detik-Detik Marc Marquez ‘Blokir’ Race Line Jorge Lorenzo

1. Marc marquez dan Jorge Lorenzo berebut masuk tikungan pertama. Jorge Lorenzo berada di sisi luar lintasan sebaliknya Marc di sebelah dalam.

2. Sampai di tengah tikungan posisi kedua pembalap Spanyol ini masih “sejajar”

3. Terlihat kedua pembalap melebar sementara ada 3 pembalap lain ( Cal,Iannone dan Dovi) yang bisa masuk dengan cepat jika Marc dan Lorenzo keluar trek.

4. Terlihat Lorenzo berada di area kotor dan licin ( jarang dilewati ban motor)

5. Sebenarnya Marc juga sedikit menyentuh area kotor namun lebih masuk dibandingkan Lorenzo

6. Marc masih stabil menjaga keseimbangan motor walau di daerah licin ( kotor) sementara infonya lorenzo membuka gas untuk kembali ke racing line “normal”, karena ban belakang berada di “dirty track” alias trek kotor ban belakang Lorenzo selip

7. Lorenzo mulai kehilangan keseimbangan bisa jadi karena dia terhalang oleh Marc ( di blokir) maka ritme bukaan gas ( throttle) Lorenzo tidak konsisten atau secara psikologis dia tidak fokus menjaga keseimbangan motor namun lebih ke usaha pertahankan agar bisa salip marquez di depannya.

8. Akibatnya keseimbangan motor Lorenzo lebih kacau dibanding Marc padahal keduanya sama-sama melebar diujung tikungan bahkan Marc melewati garis hijau pertanda melebar jauh ke trek kotor. Namun dilihat dari gambar.6 sudut kemiringan motor Lorenzo lebih tinggi dibandingkan Marc.

  1. Marc tidak blokir race line Lorenzo karena itu wajar dalam balapan..
  2. Lorenzo terlalu rebah saat menikung di trek kotor (licin)..
  3. Marc memimpin balapan di luar garis hijau.. ( tidak sah)
  4. Marc bilang saat di daerah kotor/licin pembalap harus bisa kalem “cold blood” dan tidak membuka gas penuh.

Jadi .. Silakan beropini ?

2 Comments

  1. Marc keluar ke jalur hijau saat posisi dia palinh depan jadi tidak di anggap melanggar, dan kalau ga salah di jalur hijau itu bukan area terlarang untuk overtake,.. Nyatanya tidak ada satu pembalappun atau tim yang melayangkan protes soal marc dan jalur hijau itu,.
    Manuver MM di tikungan itu jelas sah dan tidak melanggar apapun,apalagi itu tikungan selepas start di mana pembalap masih ngumpul dan pembalap masing² cari line idela untuk masuk ke tikungan…

Leave a Reply