Skoda Ternyata Sudah Incar Indonesia Sejak Lama

(Foto: AutoCar India)

RiderTua Mobil – Pertemuan Indonesia-Ceko menghasilkan kerja sama di bidang ekonomi. Bahkan Ketua Senat Republik Ceko, Milan Stech, mengatakan bahwa industri otomotif di Indonesia cukup berpotensi besar bagi negaranya. Apakah ini artinya merek mobil asal Ceko, Skoda, akan dihadirkan di sini? Skoda ternyata sudah incar Indonesia sejak lama.

Baca juga: Bisakah Skoda Bersaing di Pasar Otomotif Indonesia?
(Foto: movenews.gr)

Berpotensi Tinggi

Walaupun begitu, Kementerian Perindustrian masih belum memastikan apakah Skoda bisa masuk ke pasar otomotif dalam negeri. Namun ada fakta yang mengejutkan bahwa sebenarnya Skoda sudah mengincar pasar Indonesia sejak tahun 2013. Artinya 5 tahun bagi Skoda untuk menantikan kesempatan ini.

Hal ini terbukti dari unggahan salah satu user Linkedin Sakinah Mohd Shukri. Unggahan tersebut berisi materi presentasi ‘Skoda Auto Expands to Indonesia’. Sakinah merupakan seorang akademisi, dengan begitu presentasi yang dibuatnya merupakan hasil analisisnya untuk merancang strategi Skoda agar bisa masuk ke pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

(Foto: The Hans Inida)

Isi presentasi tersebut menjelaskan bahwa ada 10 negara berpotensial bagi Skoda. Indonesia masuk dalam daftar tersebut, bersama dengan Angola, Argentina, Bolivia, Mesir, Iran, Meksiko, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam. Dari daftar tersebut, Indonesia dan Meksiko yang memiliki potensial paling besar, karena salah satu keunggulannya yaitu memiliki jumlah penduduk yang lebih besar dan pasar yang menjanjikan.

Sakinah bahkan menyebut beberapa mobil Toyota dan Daihatsu, yaitu Innova, Fortuner, Avanza, Xenia, Sirion, dan Luxio. Sepertinya Skoda akan menyasar beberapa segmen tersebut, tetapi entah apakah MPV dan SUV juga menjadi target, mengingat kedua segmen ini peminatnya paling tinggi di Indonesia. Lalu rencana lebih lanjut dari Skoda belum bisa diungkapkan. Yang jelas sepertinya Skoda sudah mulai serius dengan rencana tersebut.

Sumber: Kompas.com

Be the first to comment

Leave a Reply