Mobil Listrik Hasil Cetak 3D Ini Diproduksi Massal



mobil listrik XEV chinese polymaker 3D
(Foto:Okezone.news) mobil listrik XEV chinese polymaker 3D

RiderTua Mobil – Mobil-mobil konvensional lambat laun keberadaannya akan tergantikan sama mobil listrik. Namun harga mobil listrik yang jauh lebih mahal dibanding mobil konvensional menjadi kendala tersendiri. Mobil listrik hasil cetak 3D ini diproduksi massal.

Baca juga: Ban Ini Diberi Lumut Agar Bisa Menghasilkan Oksigen, Canggih !
(Foto: Harian Nasional)

LSEV, Mobil Cetak 3D Pertama yang Diproduksi Massal

Sebuah perusahaan spesialis jasa print 3D asal China, Chinese Polymaker bekerjasama dengan perusahaan X Electical Vehicle Limited (XEV) berhasil membuat mobil listrik yang dibuat dari printer 3D. Mobil ini ini dibuat hanya dalam waktu 3 hari saja. Jangan membayangkan mobil ini terbuat dari kertas ya ? Mobil ini tentu saja menggunakan bahan dari baja seperti mobil pada umumnya.

Yang dicetak menggunakan printer hanya bagian bodi saja, untuk jok dan sasis masih dibuat menggunakan fasilitas konvensional biasa. Sementara untuk spesifikasi mesin dan transmisi masih belum diketahui, namun mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga mencapai 150 km dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

(Foto: iNews.id)

Luo Xiaofan selaku CEO Chinese Polymer mengatakan

“LSEV adalah proyek produksi massal pertama nyata yang menggunakan teknologi 3D printing. Memang banyak perusahaan lain yang menggunakan teknologi ini. Namun tidak ada yang dapat dibandingkan dengan LSEV dari segi ukuran, skala dan intensitas”

Mobil listrik LSEV ini diketahui sudah dipesan oleh Italian Postal dan pihak lain sebanyak 7 ribu unit. LSEV ini rencananya akan dipasarkan ke Eropa dan Asia pada 2019 mendatang. Mobil hasil cetak 3D ini merupakan mobil listrik termurah di dunia karena kabarnya dibanderol hanya US$ 7.500 atau Rp 110 juta-an ajah.

 



Be the first to comment

Leave a Reply