Hasil Ekspor Mobil Per Januari-Juli 2018 Siapa Terbanyak ?


ktm indonesia

RiderTua Mobil – Hasil ekspor mobil rakitan Indonesia ke luar negeri periode Januari-Juli 2018 oleh Gaikindo sudah keluar dan tercatat mengalami kenaikan hingga 2,37 persen. Atau tepatnya mencapai 137.561 unit. Naik dari sebelumnya di periode yang sama yaitu 134.372 unit. Hasil Ekspor Mobil Per Januari-Juli 2018 siapa terbanyak ?.

Baca juga:Indonesia Menduduki Peringkat 17 Penjualan Mobil Global
(Foto: Viva)

Hasil Ekspor Mobil Per Januari-Juli 2018 Siapa Terbanyak ?

Dari hasil tersebut, tercatat hanya terlihat enam produsen mobil yang melakukan ekspor ke luar negeri. Yaitu Toyota, Daihatsu, Suzuki, Hino, Mitsubishi, dan Hyundai. Tetapi ada dua produsen yang mengalami penurunan pada angka ekspornya.

Seperti yang terjadi pada Toyota yang pada tahun 2017 lalu bisa mengekspor sebanyak 60.581 unit, kini hanya 55.157 unit. Turun 19,57 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini terjadi disinyalir karena dampak dari kebijakan non-tarif barrier oleh Vietnam sehingga merugikan pengekspor kendaraan ketika akan memasuki pasar. Padahal negara tersebut memiliki potensial yang bagus.

Sementara itu Hyundai yang paling menderita, karena angka ekspornya menurun hingga 37,31 persen atau mencapai 1.324 unit. Entah apa penyebab dibalik penurunan yang tajam ini. Apakah terdampak kebijakan Vietnam atau bukan.

Karena ekspor Toyota menurun, maka Daihatsu menjadi pengekspor mobil terbesar dengan mencatatkan 59.638 unit. Sementara Suzuki di posisi ketiga dan berhasil mengekspor hingga 15.444 unit. Hanya Suzuki yang kenaikannya paling kecil, tapi masih cukup beruntung.

Lalu Mitsubishi mengekspor hingga 4.558 unit. Ini pertama kalinya produsen tiga berlian ini melakukan ekspor karena tahun sebelumnya tidak tercatat adanya ekspor. Lalu Hino mengekspor hingga 1.440 unit dan mengalami kenaikan yang cukup bagus, walaupun ekspornya berupa truk.

 

Be the first to comment

Leave a Reply