Inilah Mobil Rakitan Indonesia yang Laris di Luar Negeri


ktm indonesia

ekspor Toyota

RiderTua Mobil – Pemerintah tengah mencari cara untuk meningkatkan ekspor ke luar negeri. Berbagai jenis komoditas unggulan Indonesia banyak diekspor. Salah satu diantaranya yaitu ekspor mobil rakitan dalam negeri. Inilah mobil rakitan Indonesia yang laris di luar negeri.

Baca juga: Indonesia Menduduki Peringkat 17 Penjualan Mobil Global
(Foto: Top Metro news)

Banyak Diminati

Walau bukan merupakan mobil nasional layaknya Malaysia, Indonesia mampu memproduksi mobil rakitan (CBU/Completely Build-Up) dalam jumlah yang cukup besar. Dan mobil-mobil hasil rakitan Indonesia ternyata banyak diminati pasar luar negeri. Tak hanya satu model saja namun berbagai model, cukup variatif.

Toyota-Avanza-1.5X-2018-malaysia
(Foto: PaulTan) Toyota-Avanza-1.5X-2018-malaysia

Jika di Indonesia yang laris adalah jenis MPV, maka untuk pasar luar negeri sebaliknya, yaitu SUV yang terlaris. Melihat adanya perbedaan peminatnya, seperti apa mobil rakitan yang laris di luar negeri? Ini daftarnya:

  1. Fortuner: 7.304 unit
  2. Avanza: 3.366 unit
  3. Rush: 3.227 unit
  4. Wigo (Agya): 2.931 unit
  5. Xpander: 2.277 unit
  6. Vios: 1.834 unit
  7. Town Ace (Gran Max): 1.023 unit
  8. Sienta: 922 unit
  9. APV Pick-up: 538 unit
  10. Innova: 368 unit

Karena peminat SUV di luar negeri cukup tinggi, tidaklah aneh kalau Fortuner yang paling laris. SUV andalan Toyota ini sudah diekspor ke berbagai negara seperti Bahrain, Ekuador, Irak, Kuwait, Oman, Arab Saudi, Maroko, Myanmar, dan lainnya. Tak hanya SUV namun merata dari mulai MPV hingga citycar sampai jenis sedan made in Toyota laris di luar negeri. Dari 10 besar tersebut, produk Toyota masih mendominasi.

Xpander baru saja memulai ekspansi penjualannya setahun setelah peluncurannya. Dimulai dari Filipina kemudian terbaru di Thailand sebagai mobil crossover-SUV. Kini Mitsubishi akan menyasar India sebagai target ekspor dari Xpander, bersama dengan kembarannya Eclipse Cross.

Be the first to comment

Leave a Reply