Sepeda Motor Karburator Bikin Susah Pada Waktunya


ktm indonesia


RiderTua Motor – Sepeda motor karburator bikin susah pada waktunya. Beberapa produsen roda dua yang jual motor di tanah air masih menggunakan karburator untuk sistim bahan bakarnya. Entah apa alasan mereka dengan menjejali teknologi jadul ini. Namun sepertinya sesuai dengan tema motor mereka yaitu retro, vintage atau nama- nama motor jaman dulu. Bisa jadi ada pertimbangan dari sisi harga. Karena motor dengan varian ini pastinya dibuat dalam jumlah terbatas. Sebut saja Viar Vintech 200 dan 250, Benelli Patagonian Eagle dan yang paling terkenal adalah Kawasaki W175.

Motor Karburator Bikin Susah Pada Waktunya

Alasan berikutnya adalah permintaan konsumen itu sendiri. Dimana dengan alasan “mudah dioprek” beberapa konsumen masih suka dengan model karbu. Namun benarkah motor karburator bikin susah pada waktunya? Adalah General Manager Technical Service Division PT AHM Wedijanto Widarso yang mencoba memberikan pandangannya. Dia mengatakan bahwa pemakaian jenis karbu untuk motor tidak apa-apa, namun suatu saat akan menyulitkan diri sendiri,

“Penggunaan karburator sebenarnya tidak ada masalah, tidak apa-apa juga pilihannya itu. Hanya saja pada titik tertentu akan kesulitan,”

Spesifikasi Kawasaki W175 SE

ENGINE
Tipe4-stroke, SOHC, 1 cyl, air-cooled
Maksimum Power9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm
Torsi Maksimum13.2 Nm {1.3 kgm} / 6,000 rpm
Diameter x Langkah65.5 x 52.4 mm
Volume Silinder177 cc
Sistem Bahan BakarCarburettor Mikuni VM24
Sistem PengapianDC-CDI
Perbandingan Kompresi9.1:1


Penjelasannya adalah bisa jadi saat motor masih baru dan dengan kondisi regulasi pemerintah ( EURO-II) saat ini masih aman-aman saja. Dan masih dapat memenuhi persyaratan emisi yang diatur oleh pemerintah. Namun ketika standart emisi menjadi Euro- IV motor karbu akan kesulitan memenuhi standar tersebut. Secara teknis tingkat presisi karbu dibanding injeksi sangat beda sekali. Teknologi karburator akan sangat sulit memenuhi standar emisi tersebut.

1 Comment

Leave a Reply