Ducati Izinkan Jorge Tes Honda RC213V, Dulu Yamaha Larang Lorenzo Tes Ducati ?


ktm indonesia


RiderTua MotoGP – Ada berita menarik bahwasanya jika dulu Yamaha larang Lorenzo Tes Ducati, kini Ducati izinkan Jorge tes Honda RC213V..  Adalah Bos Ducati Paolo Ciabatti memberikan ijin kepada Jorge Lorenzo untuk melakukan tes Honda RC213V yang musim 2019 menjadi tunggangannya. Semua tim akan lakukan ujicoba di seri akhir pasca balap Valencia bulan November mendatang.

Ducati Izinkan Jorge Tes Honda RC213V

“Mengenai Jorge, kami pasti akan membiarkan dia untuk melakukan pengujian dengan Honda, tim barunya,” kata Paolo Ciabatti  via motogp.com(15/08/18).

Alasan Ducati ijinkan Lorenzo karena :

  • Sirkuit Valencia adalah seri terakhir musim 2018.
  • Sudah menjadi kebiasaan usai balapan Valencia semua pembalap akan tes motor untuk musim depan.

Sebelumnya memang sempat beredar kabar bahwa Ducati tak izinkan Lorenzo test motor Honda. Alasannya karena kontraknya dengan Ducati, namun kabar ini akhirnya diklarifikasi Paolo Ciabatti dilansir crash.net (13/07/18)..

“Itu hal yang normal, karena Lorenzo akan menjadi pebalap Ducati sampai balap terakhir di Valencia. Pada akhirnya, tidak ada alasan untuk tidak membiarkannya menguji dengan tim barunya, dia akan bebas untuk melakukan dua tes di Valencia dan Jerez,” kata Paolo.

Dulu Yamaha Larang Lorenzo Tes Ducati tahun 2016 ?

Masih ingat dulu Yamaha melarang Jorge Lorenzo untuk jalani tes dengan Ducati ?

“Berdasarkan kontrak, tidak ada pembalap Yamaha yang secara otomatis punya hak untuk melakukan tes atau apa pun untuk pabrikan lain, selama masih terikat kontrak dengan Yamaha,” kata Lin Jarvis, Managing Director Movistar Yamaha MotoGP(14/10/16)..

Namun ternyata kala itu yang tidak boleh adalah di Sirkuit Jerez, Spanyol, tanggal 23-24 November 2016.

Faktanya memang kontrak Lorenzo dengan Yamaha berakhir hingga 31 Desember 2016. Dan tahun 2017 Lorenzo resmi membela tim Italia, Ducati. Namun Yamaha tetap memberi ijin Lorenzo tes Ducati Desmosedici GP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 15-16 November. Semua tim pabrikan berencana melakukan tes tertutup pada akhir November dengan pilihan tempat di Sirkuit Jerez atau Sirkuit Sepang, Malaysia. Mulai 1 Desember, pembalap atau tim tidak diperbolehkan melakukan tes hingga tahun berikutnya untuk menjalani tes pramusim.

Alasan Yamaha tidak boleh tes Ducati

  • Yamaha mengeluarkan uang yang sangat banyak dalam kontrak dengan pebalap-pebalapnya dan mereka ingin mendapatkan hasil dari investasi mereka kata Jarvis.
  • Hak Yamaha untuk memakai jasa pebalap berakhir setelah balapan terakhir  kata Jarvis.
  • Seri terakhir MotoGP 2016 akan berlangsung di Valencia pada 11-13 November, artinya Yamaha masih bisa memakai jasa Lorenzo untuk kegiatan promo selama satu setengah bulan.
  • Keputusan (melarang) ini berdasar kebutuhan Yamaha, dan juga para sponsor.
  • Yamaha hanya mengizinkan (Lorenzo) tes dua hari di Valencia, karena semangat kebersamaan antar-pabrikan

Keputusan Yamaha saat itu memang menuai banyak kritikan sementara Maverick Vinales diperbolehkan Suzuki tes Yamaha YZR-M1 di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir November. Demikian juga Iannone yang bisa tes privat dengan Suzuki .. Namun saat itu Jarvis tetap bersikeras bahwa aturan kontrak tiap pabrikan tidak sama. Untuk Yamaha ada kesepakatan bahwa pembalap tidak boleh lakukan aktivitas dengan pabrikan lain hingga akhir masa kontrak.  Ducati perbolehkan Lorenzo tes di Jerez dan Valencia.. Yamaha Valencia OK, dan yang tidak boleh adalah Jerez dan Sepang

Be the first to comment

Leave a Reply