Nissan Terra dan X-Trail Bersaudara, Tapi Beda Jauh?

(foto: AutonetMagz)

RiderTua Mobil – Awal kedatangan SUV Nissan Terra di Indonesia membuat banyak konsumen mulai melirik mobil ini. Terra akan semakin memeriahkan segmen medium SUV yang ditempati oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Persaingan segmen ini memang sengit, layaknya low SUV. Nissan Terra dan X-Trail bersaudara, tapi beda jauh ?

nissan terra 2018 debut in china
(Foto: Worldwide News) nissan terra 2018 debut in china
Baca juga: GIIAS 2018: Harga Nissan Terra, Lebih Murah dari Fortuner dan Pajero?

Apanya yang Beda?

Jauh sebelum Terra hadir, X-Trail dirilis terlebih dahulu. Menariknya, keduanya sama-sama berjenis mobil SUV. Banyak yang menganggap kalau desain Terra mirip dengan X-Trail, walaupun sebenarnya modelnya mengambil dari Navara.

Meskipun sama-sama SUV, Nissan Indonesia mengatakan kalau keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak. Seperti pada spesifikasi mobil itu sendiri. X-Trail memiliki rangka monokok sementara Terra menggunakan ladder frame. Rangka yang dipakai Terra memang sudah umum digunakan pada hampir semua model medium SUV.

Lalu ada perbedaan pada mesin yang digunakan. Kalau X-Trail mempunyai mesin bensin, maka Terra bermesin diesel turbo. Bisa dibayangkan kalau dengan tenaga diesel plus turbo pasti akan membuat mobil ini melaju kencang dan siap menerobos jalanan ekstrem.

Selain pada speknya, perbedaan lainnya yaitu target konsumen. X-Trail lebih mengarah pada konsumen perkotaan, sementara Terra targetnya yaitu keluarga mapan yang suka menggunakan SUV untuk kegiatan sehari-hari. Hingga kini X-Trail masih dijual di Indonesia, tetapi sejak diumumkan kedatangan Terra, mobil ini seolah-olah ‘tenggelam’ dari perhatian konsumen.

Dari harga juga beda. X-Trail dibanderol mulai Rp 416 juta-Rp 491 juta. Sementara harga Terra masih belum fix, namun bocorannya berada di kisaran Rp 460 juta-an.

( Foto: YouTube )

Be the first to comment

Leave a Reply