Sama-Sama SUV China, Pilih DFSK Glory 580 atau Wuling Baojun 530 ?




RiderTua Mobil – Pasar otomotif Indonesia semakin semarak dengan kedatangan dua produsen asal China. Yaitu Wuling dan DFSK Sokon. Hal ini juga membuat persaingan dunia perotomotifan jadi semakin ketat. Mereka berdua pun mengeluarkan mobil-mobil keren dengan harga kompetitif untuk bisa menggempur dominasi produsen Jepang. Sama-sama SUV China, pilih DFSK Glory 580 atau Wuling Baojun 530 ?

Baca juga: Alasan Spare Part Mobil Wuling Dibanderol Murah

Pada gelaran pameran GIIAS 2018 tahun ini DFSK Sokon dan Wuling sama-sama mengeluarkan mobil SUV. Bedanya DFSK SOKON sudah meluncurkan SUV DFSK Glory 580 sedangkan Wuling baru tahap memperkenalkan SUV baru yang didatangkan langsung dari China. Jadi Wuling Baojun 530 ini belum dijual di Indonesia. Namun kabarnya akan diluncurkan tahun depan.

Kita bandingkan antara kedua SUV bikinan produsen China ini.

DFSK Glory 580

Menggendong mesin 1.5 L Turbochanger yang mampu menghasilkan tenaga hingga 150 hp. Fitur turbochanger pada DFSK Glory 580 ini tak hanya mampu meningkatkan performa mesin namun juga mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar.

SUV ini muat hingga 7 penumpang. Ini yang disukai konsumen di Indonesia. Dari segi interior, Glory 580 menawarkan sebuah kenyamanan yang maksimal. Kabin berlapis kulit sehingga aura mewah langsung memancar. Belum lagi teknologi NVH (noise, vibration, harshness) yang mampu meredam kebisingan secara optimal. Fitur Push Start Button & Intelligent Key (tipe L), smart screen 10 inch A/V system juga turut disematkan.

Tampilan luar sosok SUV DFSK Sokon ini sangat modern. Lihat saja penggunaan Eagle Eye Shaped Headlamp (lampu utama), Dual C-Shaped Tail Lamp serta penggunaan pelek 17 inch sehingga SUV ini terlihat gagah.

Tahukah anda jika DFSK GLory 580 menorehkan 5 bintang pada saat diuji tabrak NCAP, sebuah hasil yang maksimal. Ini berkat adanya fitur keamanan yang mumpuni seperti ESP, EPB (electronic Parking Brake) dan airbag di 4 titik. Jadi DFSK Sokon mengklaim jika SUV produknya ini aman meski kena tabrak baik dari depan , belakang atau samping.

SUV DFSK Glory 580 ini dibanderol mulai dari harga Rp 245,9 juta (OTR Jakarta). Jelas harga ini jauh dari para rivalnya yang rata-rata diatas Rp 350 juta.

Wuling Baojun 530

Yang paling bikin WOW bin kece mobil SUV ini adalah adanya panoramic sunroof yang menbentang dari depan hingga ke bagian belakang. Jadi seperti mobil-mobil mewah buatan Eropa. Sudah elektrik lagi. Belum lagi desain lampu sipit yang saat ini lagi ngehit. Desain grille juga sangat keren.

Karena mobil ini adalah mobil yang dijual di China maka yang dipajang di pameran GIIAS ini pakai setir kiri. Pada setir sudah canggih banget. Ada tombol menelpon lewat Bluetooth, ada fitur Cruise Control dan tombol untuk mengatur audio. Kalau mau menyalakan mobil tinggal tekan tombol start/stop.

Untuk mesin, di China tersedia 2 pilihan yaitu mesin 1.5 L Turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 150 hp dan mesin 1.8 L yang menggelontorkan tenaga hingga 138 hp. Entah mesin mana yang dipilih bila SUV ini diproduksi dan dijual di Indonesia. Arif Ramadhi selaku Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia mengatakan

“Tahun depan kita luncurkan tepi belum tahu waktunya kapan”

Sekedar untuk informasi, di China Baojun 530 ini dibanderol 75.800-115.800 Yuan atau sekitar Rp 160-244 juta. Lalu jika dijual di Indonesia jadi berapa ya ?Tapi bocorannya pasti harganya bisa dibawah SUV Jepang.



Be the first to comment

Leave a Reply