Fokus ke Segmen MPV dan SUV, Wuling Tak Tertarik Hatchback


ktm indonesia

(Foto: Kabar Banten)

RiderTua Mobil – Sudah setahun Wuling hadir di Indonesia. Produsen mobil asal China ini sudah meluncurkan dua MPV, yaitu Confero dan Cortez. Keduanya cukup sukses menarik perhatian konsumen Tanah Air. Fokus ke segmen MPV dan SUV, Wuling tak tertarik hatchback. Kenapa ?

Baca juga: GIIAS 2018: Rayakan Setahun Confero, Wuling Hadirkan Edisi Spesial

Mulai Melebar ke Segmen Lain

Di pameran GIIAS 2018 ini, Wuling menampilkan kembali dua MPV jagoannya (Confero dan Cortez), dan ada satu SUV yang merupakan model Baojun 530. Mobil ini hanya sebagai pajangan saja dan belum bisa dijual di Indonesia. Karena masih harus melakukan studi lebih lanjut.

Ini artinya Wuling sudah berani bermain di segmen selain MPV. Memang pasar otomotif nasional memiliki permintaan tinggi pada segmen SUV dan MPV. Tetapi karena masih banyak segmen yang belum dijajal seperti hatchback, apakah Wuling mau meluncurkan mobil di luar segmen SUV dan MPV?

Ketika ditanya mengenai hal ini, Wuling mengatakan bahwa saat ini belum ada rencana untuk membuat mobil hatchback. Alasannya tentu harus fokus pada penjualan Confero dan Cortez terlebih dahulu. Memang segmen MPV lebih banyak peminatnya daripada hatchback. Ditambah dengan rencana untuk membawa Baojun 530 ke Indonesia, maka Wuling akan disibukkan untuk mengurusi kedua hal tersebut.

Keputusan Wuling untuk tidak dulu terjun ke segmen hatchback ini memang punya alasan yang kuat. Karena nyatanya peminat segmen hatchback terus menurun jumlahnya. Di segmen ini, Honda Jazz dan Toyota Yaris yang paling mendominasi. Tahun 2012 penjualan di segmen ini mencapai 73,196 unit, namun di tahun 2017 turun drastis menjadi 33.858 unit.

Be the first to comment

Leave a Reply