Xpander Kuasai Segmen MPV, Ungguli Avanza dan Innova

(foto: mobil123.com)

RiderTua mobil – Saat ini kepopuleran Xpander sudah tidak bisa dibantah lagi. Walaupun sudah setahun berlalu, LMPV dari Mitsubishi ini sepertinya masih menunjukkan ‘taji’ pada rivalnya. Tak hanya di segmen LMPV saja, tetapi juga menggerus segmen lain medium MPV. Xpander kuasai segmen MPV, Ungguli Avanza dan Innova.

Baca juga: Expander Kinyis-Kinyis Ini Raib Digondol Maling !!

Perluas Pasar Demi Konsumen

Hingga kini, penjualan Xpander sudah mencapai kurang lebih 60 ribu unit dari total 80 ribu unit inden. Sebagian besar yang terjual adalah varian Ultimate sebesar 35 persen, Exceed manual hampir 30 persen, dan sisanya adalah varian lain. Memang konsumen lebih tertarik varian termahal dari Xpander tersebut.

Dengan ini Xpander menguasai segmen LMPV yang selama ini didominasi oleh Avanza-Xenia. Namun nyatanya Xpander berhasil menggeser segmen selain LMPV. Segmen tersebut yaitu low SUV, SUV, dan medium MPV. Masing-masing segmen tersebut ditempati oleh Terios-Rush dan Toyota Innova.

Lalu kenapa bisa? Beberapa konsumen merasa kalau lebih baik membeli Xpander daripada Innova dengan fitur yang hampir sama. Tetapi konsumen biasanya melihat dari sisi harganya, yang mana varian Xpander Ultimate sedikit lebih murah daripada Innova. Begitupun dengan segmen low SUV dan SUV, lagipula Xpander terkadang disebut ‘MPV rasa SUV’ karena modelnya yang terlihat segahar saudaranya, Pajero Sport.

Imam Choeru Cahya selaku Head of MMC Sales and Marketing Group PT. MMKSI mengatakan

“Jadi yang Ultimate tersebut bukan segmen LMPV yang sebenarnya, tapi merebut segmennya Terios pada LSUV, SUV dan medium SUV. Jadi segmen Medium MPV seperti pembeli Innova tipe standar atau bawah, beralih ke Xpander Ultimate dengan harga yang tak begitu jauh, tapi dapat fitur lengkap”

Untuk bisa merebut lebih banyak pasar, baru-baru ini Mitsubishi meluncurkan dua varian terbaru untuk Xpander, yaitu tipe Sport MT dan GLS AT. Lalu ada tambahan warna baru yaitu coklat metalik. Diharapkan konsumen bisa puas dengan tambahan varian dan warna baru ini.

Be the first to comment

Leave a Reply