Persaingan Pajero Sport dan Fortuner di Segmen SUV Terus Berlanjut

Pajero Vs Fortuner
(Foto: Otomotif Kompas) Pajero Vs Fortuner

RiderTua mobil – Dalam semester pertama tahun ini, segmen SUV semakin panas dengan persaingan dari dua ‘penguasa’ segmen, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Biasanya Fortuner selalu menduduki posisi pertama. Tetapi kali ini keadaan berbalik dengan Pajero Sport berhasil menyalipnya. Persaingan Pajero Sport dan Fortuner di segmen SUV terus berlanjut.

Baca juga: Fortuner dan Pajero Sport Siap Menyambut Terra di Indonesia

Toyota vs Mitsubishi

Dari perolehan penjualan tersebut, Pajero Sport terjual hingga 11.021 unit dan menguasai 33,94 persen segmen. Sementara Fortuner hanya 9.072 unit dan pangsa pasar 27,94 persen. Penjualan keduanya sudah melampaui rival lainnya, seperti CR-V, HR-V, dan lainnya.

Melihat adanya ini, Mitsubishi menganggap kalau saat ini konsumen sudah lebih cerdas dalam memilih mobil. Tidak lagi sekedar ikut-ikutan tren ketika membeli kendaraan. Memang dari segi fitur, Pajero unggul daripada Fortuner.

Selain itu, penjualan Pajero Sport juga didorong dengan adanya varian baru, termasuk edisi terbatas Rockford Fosgate. Varian ini sempat dijual di IIMS 2018 bulan April lalu dan habis diserbu konsumen. Ini artinya konsumen masih percaya dengan kualitas yang diberikan oleh produsen berlogo tiga berlian ini.

Mitsubishi mengaku tak ada target penjualan akhir tahun untuk Pajero Sport. Tetapi mereka berharap posisi saat ini bisa dipertahankan hingga akhir tahun. Namun di tahun ini baik Pajero Sport maupun Fortuner harus bertarung dengan pendatang baru, yaitu Nissan Terra, termasuk DFSK Sokon Glory 580. Keduanya memiliki kualitas bagus dengan harga yang lebih kompetitif daripada keduanya. Tentu ini perlu diwaspadai, jika sewaktu-waktu penjualan Terra dan Glory 580 melonjak.

Be the first to comment

Leave a Reply