Sensor Panas Ban yang Menjadi Perhatian Tim Yamaha


RiderTua MotoGP – Yamaha sangat tertarik pada mengamati fluktuasi temperature ban. hal ini bisa dilihat dengan pemasangan sensor suhu ban di atas mudguard atau spakbor depan M1. Tim Yamaha memang berujar kendala seri Brno adalah cuaca atau suhu trek. Dimana terbukti saat latihan. Sehingga sensor panas ban yang menjadi perhatian tim Yamaha..

Sensor Panas Ban yang Menjadi Perhatian Tim Yamaha

Rekayasa sektor ban juga pernah dilakukan pada Motor Valentino Rossi saat seri barcelona lalu. Dengan tujuan menjaga agar ban tetap dingin mungkin karena letaknya dibelakang mesin yang mengeluarkan panas sehingga walau sedikit ada panas yang ditransfer dari mesin depan.

Foto : GPOne

Masalah suhu trek

Kepala mekanik Rossi Silvano Galbusera sudah memperkirakan masalah yang akan dihadapi timnya terutama Rossi. Dia pastinya sudah paham permasalahan apa yang akan dihadapi pasukannya untuk seri Brno ini. Kepada media Galbusera menjelaskan masalah Yamaha saat ini,

“Masalah besar di trek Brno adalah suhu. Jika suhu trek sangat tinggi, maka sedikit daya cengkram sehingga kita sedikit kesulitan untuk mengikutinya. Jika tidak terlalu panas, cengkeramannya mungkin bagus dan kita bisa memacu motor dengan baik dan kompetitif”.

Pada intinya Galbusera dan tim Yamaha fokus ke faktor suhu ini. Sehingga sensor di roda depan tadi menjadi fokus utama tim garputala itu. Dan sekaligus sebagai peringatan bagi Valentino Rossi bahwa di Brno masalah akan terpaku pada grip ban akibat kondisi trek ( jika nanti suhu tinggi). Seperti diberitakan sebelumnya kondisi ini akan dihadapi semua tim dan pembalap karena memakai merk ban sama dan suhu yang sama namun tingkat “penderitaan” tiap pembalap akan berbeda sesuai dengan paket motornya.

Be the first to comment

Leave a Reply