Nissan Juke yang Semakin Terpuruk Nasibnya

2018 Nissan Juke
(Foto: 2018 vehicles) 2018 Nissan Juke

RiderTua Mobil – Saat ini mungkin nama Nissan Juke sudah hampir tak terdengar lagi di Indonesia. Ini karena segmen low SUV terus didominasi oleh duo Terios-Rush serta Honda HR-V dan BR-V. Sehingga seakan-akan Juke ‘tenggelam’ oleh popularitas rivalnya. Nissan Juke yang semakin terpuruk nasibnya.

Baca juga: Nissan Juke yang Masih Bertahan Hingga Kini

Terancam ‘Disuntik Mati’

Juke pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 2011 dan terjual hingga 9.578 unit. Namun sejak saat itu penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun. Hingga pada tahun 2017 lalu, penjualan Juke hanya 229 unit saja.

Kondisi ini benar-benar mengkhawatirkan sejak Juke ‘disuntik mati’ di Amerika Serikat setelah didatangkan Nissan Kicks. Menyadari kondisi tersebut, Nissan Indonesia hanya bergantung pada pasarnya. Setelahnya mereka tidak menjelaskan rencana lebih jauh untuk mempertahankan Juke di Indonesia.

Sementara itu di Amerika Serikat, keberadaan Juke memang tergantikan oleh kehadiran Nissan Kicks. Akibatnya Juke harus tersingkir dari pasar Amerika karena sudah terlihat penjualannya terus menurun. Hal sebaliknya terjadi di Eropa ketika Juke masih sanggup bertahan dan tetap digemari konsumen disana.

Entah sampai kapan Nissan Indonesia tetap mempertahankan Juke di Tanah Air. Apakah karena mobil ini diproduksi di dalam negeri ? Meski hal itu terjadi (dengan sedikitnya penjualan) bukan berarti Juke tak ada di hati konsumen Indonesia. Masih ada penggemarnya, walau tidak sebanyak dulu. Untuk saat ini Nissan Indonesia harus fokus ke pengenalan medium SUV Terra ke konsumen di GIIAS 2018 ini.

Be the first to comment

Leave a Reply