Dilema Penggerak Roda Depan dan Belakang di Segmen LMPV



deretan low mpv

RiderTua mobil – Bicara mengenai mobil MPV, dulu mobil jenis ini masih menggunakan penggerak roda belakang untuk menggerakkan mesin. Tentu ini berguna agar bisa membawa beban berat. Namun beberapa tahun kemudian, penggerak roda depan mulai masuk ke segmen ini. Dilema penggerak roda depan dan belakang di segmen LMPV.

Baca juga: Front Wheel Drive Vs. Rear Wheel Drive, Anda Pilih yang Mana?

FWD atau RWD?

Kini penggerak roda depan (Front-Wheel Drive/FWD) sudah bisa ditemukan di segmen MPV. Seperti pada Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander. Tetapi Avanza dan Wuling Confero-Cortez masih menggunakan penggerak roda belakang (Rear-Wheel Drive/RWD).

Terkadang muncul perdebatan mengenai penggerak mana yang lebih diandalkan saat membawa beban berat. Ada yang mengatakan kalau RWD paling unggul dalam hal ini, sedangkan FWD tidak. Tetapi Mitsubishi membuktikan kalau FWD masih bisa diandalkan untuk membawa atau menarik beban berat.

Seperti saat event Xpander: Tons of Real Happiness, LMPV ini ternyata mampu menarik komidi putar seberat 1,2 ton. Bahkan Xpander pernah ditantang untuk menarik beban seberat 24 ton dan ditarik sejauh 200 meter. Artinya LMPV ini masih ‘bandel’ untuk menarik beban berat walau memakai penggerak roda depan.

Sebagian kalangan ada yang mengatakan kalau FWD hanya bisa diandalkan saat melintasi jalanan mulus khas perkotaan, nyaman tidak ada bantingannya. Tetapi kalau sudah berada di jalan yang masih berupa tanah, rusak, tanjakan atau bahkan berlumpur RWD yang menang.

Hingga kini permasalahan mengenai sistem penggerak roda tetap mengundang pro dan kontra, mana yang lebih handal? Sebenarnya itu tergantung dari traksi ban atau juga skill yang dimiliki pengemudi itu sendiri.

Be the first to comment

Leave a Reply