Penjualan Mobil LCGC di Semester Pertama Tahun Ini Menurun

datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra
(Foto: CarSpiritPK) datsun go+ vs toyota calya-daihatsu sigra

RiderTua mobil – Selama ini penjualan mobil LCGC (Low Cost Green Car) hampir menyamai MPV dan SUV. Memang karena harganya yang murah dan memiliki kemampuan yang setara dengan MPV. Sehingga segmen ini mulai diincar konsumen. Namun ternyata penjualan mobil LCGC di semester pertama tahun ini menurun.

Baca juga: Ini Trik Mengendarai Mobil LCGC di Tanjakan

Calya Masih Memimpin

Namun dari hasil penjualan semester pertama tahun 2018, penjualan di segmen LCGC ini mengalami penurunan hingga 4,60 persen. Ini merupakan penurunan yang lumayan besar, karena sebelumnya di periode yang sama pada tahun 2015 lalu pernah tercatat penurunan sebesar 4,24 persen. Artinya total unit LCGC yang terjual 6 bulan di tahun 2018 adalah 115.076 unit.

Dari total tersebut, Toyota Calya tetap berada di posisi puncak dengan perolehan 32.286 unit dan menguasai 28,06 persen segmen. Namun ternyata Calya juga mengalami penurunan penjualan hingga 20,47 persen. Lalu bagaimana dengan LCGC lainnya?

Saudara kembarnya, Sigra, justru sebaliknya. LCGC Daihatsu ini mengalami pertumbuhan hingga 32,90 persen dan mobil yang terjual sebanyak 24.338 unit. Lalu Honda Brio Satya di posisi ketiga juga mengalami pertumbuhan mencapai 21,71 persen dan total 23.475 unit terjual. Sisanya seperti Toyota Agya terjual 13.727 unit, Daihatsu Ayla 13.376 unit, Datsun Go dan Go+ 5.373 unit, dan Suzuki Karimun Wagon R 2.501 unit.

Entah apa yang menyebabkan penjualan LCGC menurun. Terutama menyorot pada Calya yang merupakan satu-satunya mobil LCGC yang penjualannya turun drastis. Namun di sisi lain, pemerintah berencana untuk merevisi aturan pada PP Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Kemudian ada juga perombakan regulasi Permenperin Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pengembangan Produksi KBH2 (Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau/LCGC). Tapi tidak diketahui pasti apakah itu akan mengubah penjualan LCGC atau tidak.

Be the first to comment

Leave a Reply