Meski Diskon Besar, KIA Sulit Bersaing di Pasar Indonesia



(Foto: Liputan6.com)

RiderTua mobil – Pasar otomotif Indonesia makin lama makin sesak dengan semakin banyaknya produsen yang ikut ‘main’ di sektor ini. Ada untungnya juga sih. Konsumen jadi mendapat banyak pilihan dalam membeli mobil. Untuk bisa menarik banyak konsumen, tak jarang produsen mobil memberi diskon menarik untuk produknya. Meski diskon besar, Kia sulit bersaing di Pasar Indonesia.

Baca juga: Dollar ‘Ngamuk’, Kia Harus Tahan Harga Mobilnya

Mobil KIA Bukan Mobil Murah

Produsen asal Jepang biasanya berani ngasih diskon besar pada moment-moment tertentu seperti akhir tahun, lebaran, dll. Diskon paling besar biasa terjadi di mobil berjenis LMPV. Terkadang ada diskon yang mulai dari Rp 10 juta bahkan ada yang mencapai Rp 30 juta per unitnya. Ditambah dengan banyaknya permintaan terhadap mobil ini sehingga LMPV menjadi mobil paling diincar konsumen Indonesia.

Hal ini beda dengan KIA. Mobil yang memiliki kualitas bagus dianggap Kia mengakibatkan harganya menjadi mahal. Sementara kalau memberi diskon besar-besaran tetapi tak punya kualitas Ok maka akan merugikan konsumen. KIA lebih memilih harga sedikit lebih mahal namun konsumen mendapat mobil yang dari sisi keamanan dan kenyamanan lebih maksimal.

Kia juga harus mempertimbangkan kualitas mobil yang akan dibawa ke Indonesia agar tidak mengecewakan konsumen. Misalnya diskon yang tidak melebihi Rp 30-50 juta untuk satu modelnya.

Harry Yanto selaku GM Business Development PT. KIA Mobil Indonesia mengatakan

“Dari Korea Selatan itu tidak bikin mobil murah, tapi kami bicara mengenai kualitas yang bagus. Sehingga kita tidak bisa memberikan diskon besar-besaran.”

Meskipun begitu Kia sulit bersaing dengan produsen lainnya karena dominasi produsen mobil asal Jepang. Sama seperti produsen dari negara lain seperti Amerika Serikat, China, sampai Jerman, kalaupun ingin menguasai pasar otomotif Indonesia butuh waktu lama dan perlu adanya kepercayaan dari konsumen.

Be the first to comment

Leave a Reply