Hasil Penjualan Wholesales LMPV Semester Pertama 2018



avanza vs xpander vs confero
(foto: carmudi)

RiderTua mobil – Persaingan di segmen LMPV masih terus berlanjut dan tambah seru layaknya sebuah balap mobil. Apalagi itu tentang Avanza vs Xpander, yang dikenal sebagai persaingan paling panas tahun ini. Ini karena penjualan kedua mobil ini memiliki selisih yang sangat tipis, saling salip dan saling tikung. Hasil penjualan wholesales LMPV semester pertama 2018.

Baca juga: Avanza Rebut Kembali Tahta Sebagai Raja Low MPV

Tak Mau Kalah dengan yang Lainnya

Dari hasil penjualan wholesales di semester pertama (6 bulan) tahun ini, ternyata Xpander masih memimpin segmen mobil sejuta umat ini dengan perolehan 39.948 unit dan menguasai pasar sebesar 30,02 persen. Walaupun penjualan di bulan Juni malah membuatnya disalip Avanza dan Calya. Libur Lebaran dan statusnya yang masih inden mungkin menjadi penyebab penurunan tersebut.

Avanza tercatat sudah terjual 39.455 unit dan penguasaan pasar 29,65 persen selama semester pertama ini. Ternyata angka penjualannya dengan Xpander masih selisih sangat tipis. Meski Avanza sudah menjadi mobil LMPV legendaris di Indonesia, tetapi dengan kehadiran Xpander membuat keadaan semakin sulit.

Setelah Xpander dan Avanza, ada Ertiga dengan hasil 18.030 unit dan pangsa pasar 13,55 persen. Mobil andalan Suzuki ini agak tertinggal jauh dari kedua LMPV tersebut, tapi masih OK karena bisa mengalahkan Xenia yang biasanya selalu mengintili Avanza. Xenia di urutan keempat dengan penjualan 15.164 unit dan pangsa 11,40 persen. Entah mengapa penjualan Xenia kini tidak lagi di belakang Avanza. Mungkin dampak dari kedatangan mobil baru atau segmen LCGC yang tumbuh subur.

Kemudian ada Mobilio terjual 11.718 unit dan pangsa pasar 8,81 persen, Confero 4,819 unit, APV 2.037 unit, dan Luxio 1.899 unit. Tetapi melihat penjualan Confero sepertinya sudah mengalami kemajuan, dan itu sebuah awal yang bagus bagi produsen mobil asal China. Good luck !

Be the first to comment

Leave a Reply