Avanza Rebut Kembali Tahta Sebagai Raja Low MPV


ktm indonesia

Avanza vs xpander
Avanza vs xpander

RiderTua Mobil – Mitsubishi Xpander sebagai pendatang baru di kelas low MPV terbilang sangat sukses memikat hati konsumen di Indonesia. Baru ‘mateng dari penggorengan’ langsung diserbu pembeli. Meski harus antri berbulan-bulan untuk mendapatkan pun dijabanin. Gurih-gurih nyoi !Data wholesales bulan Juni sudah keluar. Dan tara…ternyata Xpander hanya ‘sakti’ selama 4 bulan saja memegang tahta Raja Low MPV. Avanza rebut kembali tahta sebagai Raja Low MPV.

Baca juga: Xpander Menang di Ronde Pertama Tahun 2018 Atas Avanza

Avanza Menunjukan Kesaktiannya

Untuk diketahui Toyota berhasil dengan sangat sukses membuat mobil low MPV andalannya Avanza menduduki tahta sebagai Raja Low MPV sekaligus menjadi mobil terlaris di Indonesia. Tak hanya 1 atau 2 tahun tapi sejak tahun 2003.

Bulan September 2016 ketika sang adik ‘Calya’ lahir, Avanza pun harus mengalah karena sang adik lebih laku. Tapi itu hanya 1 bulan saja. Bulan berikutnya Avanza kembali jadi Raja.

Agustus 2017 sang pendatang baru yang menawarkan jargon MPV rasa SUV besutan Mitsubishi yaitu Xpander mulai banyak dilirik. Hingga akhir 2017 penjualan keduanya saling pepet. Dan di bulan Februari 2018 akhirnya Xpander berhasil menggulingkan tahta Avanza dan dinobatkan sebagai Raja Low MPV yang baru.

Data wholesales dari Gaikindo (gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia) bulan Juni 2018 sudah dirilis, dan hasilnya Avanza berhasil merebut kembali tahta dari Xpander. Avanza berhasil membukukan penjualan sebesar 4.648 unit sedangkan Xpander hanya berhasil terjual 3.278 unit. Dengan ini Xpander hanya bisa bertahan sebagai Raja Low MPV selama 4 bulan saja ?Bagaimana bulan depan ?Akankah Xpander akan kembali berjuang mati-matian untuk bisa menjadi low MPV terlaris ?

Penjualan Avanza yang kembali merangkak naik bisa disebabkan karena kebutuhan masyarakat saat menjelang lebaran kemarin. Sementara inden Xpander yang lama membuat konsumen enggan membelinya karena lebaran kan enggak bisa diundur.

Untuk kebutuhan yang mendesak seperti lebaran, Xpander memang tidak bisa diandalkan. Sementara Avanza stok banyak, beli langsung kirim. Bagusnya model kayak apa kalau dapetnya harus antri lama sementara butuhnya mobil saat itu juga, ya pasti konsumen lebih memilih yang tersedia ajah apalagi disertai ‘bumbu’ iming-iming diskon segala. Bagaimana menurut anda ?

2 Comments

  1. Expander ‘sakti’ selama 4 bulan karena desainnya fresh, selanjutnya konsumen lebih banyak menyukai RWD dibandingkan FWD…

Leave a Reply