10 Mobil ‘Made in Indonesia’ Terlaris, Toyota Mendominasi


ktm indonesia

ekspor Toyota

RiderTua Mobil – Produsen mobil yang bermukim di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Nissan, Suzuki, dan lainnya tak hanya memproduksi mobil untuk dalam negeri. Tetapi juga dikirim ke berbagai negara di ASEAN, negara-negara Arab, dan Afrika Selatan. Dan inilah 10 mobil ‘made in Indonesia’ terlaris, yang dijual di luar negeri.

Baca juga: Inilah 10 Mobil Terbaik dan 10 Merek Terbaik 2018

Toyota Masih Mendominasi

Total mobil yang diekspor pada periode Januari-Mei 2018 mencapai 95.820 unit. Jumlah unit yang dikirim memang tidak sebesar produksi untuk dalam negeri. Tetapi mungkin akan ada solusi untuk bisa meningkatkan jumlahnya.

Lalu mobil terlaris mana saja yang diekspor ke luar negeri? Ini daftarnya:

  1. Toyota Fortuner: 3.911 unit
  2. Avanza: 3.389 unit
  3. Toyota Rush: 2.953 unit
  4. Toyota Wigo (Agya): 1.640 unit
  5. Vios: 1.604 unit
  6. Daihatsu Town Ace (Gran Max): 1.374 unit
  7. Toyota Sienta: 1.031 unit
  8. Toyota Innova: 543 unit
  9. Suzuki APV Pick-up: 542 unit
  10. Daihatsu Lite Ace (Gran Max): 454 unit

Terlihat dari daftar 10 besar tersebut, Toyota masih menunjukkan dominasinya. Fortuner banyak diminati di negara-negara Timur Tengah seperti Bahrain dan Oman. Mobil SUV memang cocok di negara yang dikaitkan dengan gurun tersebut.

Kemudian ada mobil sejuta umat Avanza yang sukses di negara ASEAN, Timur Tengah, Afrika Selatan, Meksiko, dan negara lainnya di Amerika Selatan. Avanza ternyata diproduksi oleh Daihatsu, sama seperti Rush. Selanjutnya unit tersebut dikirim ke berbagai negara. Sepertinya dominasi raja LMPV ini masih terasa hingga ke luar negeri.

Rush yang berada di posisi ketiga menjadi mobil favorit di negara Amerika Latin. Namun setelah mendapat facelift di akhir tahun 2017 lalu, sepertinya Toyota-Daihatsu akan mengirim versi terbarunya ke negara tujuan. Salah satunya ke Afrika Selatan yang kini menjadi negara incaran Toyota.

Be the first to comment

Leave a Reply