Berita Buruk Bagi Valentino, Marquez Bagus di Semua Trek yang Tidak Cocok dengan Honda !


RiderTua MotoGP – Berita buruk bagi Valentino, Marquez bagus di semua trek yang tidak cocok dengan Honda. Yamaha memang mendominasi di trek Belanda dimana dari 14 balapan memenangkan sembilan di seri terakhir, dan Assen menjadi trek terbaik Valentino Rossi. Namun tim Jepang ini tampaknya telah kehilangan hegemoninya di lintasan ini tahun ini. Walaupun Rossi, Maverick Vinales dan Johann Zarco mampu berada di delapan besar saat start dan mengisi 3 baris di grid nanti malam. Namun Yamaha masih belum bisa gembira dengan performanya musim ini. 

Seri GP Prancis yang merupakan trek Yamaha juga berhasil ditahlukan Marc Marquez. Kini tanda-tanda ancaman itu datang lagi, setelah sesi latihan Jumat dan Sabtu ada bahaya nyata dari pembalap Honda dan akan melakukan hal yang sama. Melibas trek Yamaha sekali lagi.

Performa skuad Yamaha masih dipertanyakan… Valentino Rossi, yang menempati posisi ketiga dalam tiga balapan terakhir, tampaknya tidak mampu memperbaiki penampilannya di Belanda. Maverick Vinales terlihat lebih kuat di awal namun kembali menurun setelah babak penentuan Sabtu, hanya posisi keenam. Berikutnya ada Johann Zarco yang jatuh di FP2 dengan ban keras. Dimana seri Belanda ini agak membingungkan dengan pemilihan ban yang cocok untuk balapan. Namun dia bersikeras akan gunakan kompon keras saat balapan.

Marc Marquez Favorit

Belanda merupakan taruhan terbaik pasukan Yamaha untuk kemenangan sejauh ini di musim 2018. Tetapi sayangnya yang paling favorit untuk balapan adalah, sekali lagi, Marquez. Bukan karena kelebihan kecepatan motor Honda yang membuat dia terdepan, tetapi konsistensinya memberikan waktu putaran yang sama. Marc berhasil catatkan waktu 1.33.90 di FP4, dan membukukan beberapa waktu dengan 1.34.00 dengan tiga jenis senyawa ban, sementara pembalkap lainnya tidak mampu melakukannya.

Berita Buruk Bagi Valentino, Marquez Bagus di Semua Trek yang Tidak Cocok dengan Honda !

Setelah mengambil posisi terdepan di kualifikasi Marquez mengatakan fokusnya adalah pada kecepatan balap. Dan masalah utamanya untuk hari Minggu adalah memilih ban yang tepat. Karena dia bisa cepat dengan ban soft, medium dan hard. Berita buruk bagi Yamaha dan lawan adalah Marquez kini mampu berlomba di banyak trek yang seharusnya tidak sesuai dengan karakter Honda. Dan dia selalu berhasil menjadi kompetitif.

Namun kunci kecepatan itu adalah di aerodinamika atau sayap bin winglet. Di Assen, Marquez mengatakan bahwa sayap sebagai perubahan penting, seperti dilansir motorsport.com ( 30/06/18)

“Salah satu alasan utama (kecepatan) menurut saya adalah sayap depan. Pada tahun-tahun sebelumnya kami selalu datang di sini dengan part baru dari aerodinamika dan kemudian salah satu masalah kami adalah stabilitas front-end ( ban depan). Winglet ini memberi kami stabilitas bagian depan dengan cara yang lebih baik dan bisa membuat motor lebih halus.”

Benar tidaknya ini masih spekulasi dan prediksi namun secara hitungan teknis dan hasil tes Marc memang diunggulkan dan akan membuat kecewa Yamaha terutama Rossi sebagai penguasa Assen -Belanda.. Kita lihat saja.. segala sesuatu bisa saja berubah saat race dan tidak sesuai prediksi kita to.. Ojo nesu mas.. Ciao.

1 Comment

Leave a Reply