Marc Marquez Tumbangkan ‘Raja Assen’ Belanda Valentino Rossi ?


ktm indonesia


RiderTua MotoGP – Jika kita melihat catatan prestasi Valentino Rossi GP Belanda adalah tempat berpesta rider Italia itu. Menang sebanyak 8 kali di MotoGP, satu di 250 dan lainnya di kelas 125 ( Total 10 kali). Angka- angka “masa lalu” itu membuktikan Yamaha favorit di Assen. Khususnya M1- Valentino. Dia merupakan “Raja Assen” dan tentunya fakta bahwa tahun kemarin ( masih hangat) Yamaha Valentino Rossi  berjaya di Assen. Apakah kali ini Marc Marquez tumbangkan ‘Raja Assen’ Belanda Valentino Rossi ?

Trek Favorit namun tetap waspada

Catatan sukses ini memang memberi kepercayaan namun bukan jaminan untuk menang kali ini. Hal inilah yang difikirkan Valentino di seri Belanda, dia menyadari bahwa kemenangan bukan dinilai dari masa lalu yang gemilang, namun dia tidak menampik kekalahan di trek Belanda akan “memalukan”.

“Kami menuju Assen, tempat saya menang tahun lalu. Ini memberi campuran emosi ( pada diri saya). Di satu sisi ini berarti bahwa kita sudah lama sejak saya dan Yamaha terakhir memenangkan perlombaan (setahun lalu), jadi kami harus bekerja keras, di sisi lain saya senang karena Assen adalah trek yang fantastis. Biasanya kami sangat kompetitif di Sirkuit Belanda, tetapi kami harus memeriksa kondisi dan situasi seperti apa(kini), karena Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi di sana” Kata Valentino via gpone.com ( 27/06/18).

Serangan Marc Marquez

Dilihat dari pernyataan Rossi dan ditunjang dengan peningkatan performa Yamaha tahun ini tertinggal dari Ducati dan Honda dia tidak yakin 100% menang. Namun tetap bekerja keras. Dan satu lagi yang bisa membubarkan pesta Valentino adalah Marc Marquez yang di seri kedepan akan memakai strategi menyerang !

Catatan Si Raja Assen Valentino Rossi :

  • (1) Valentino Rossi pembalap tersukses di  Assen dengan 8 kali kemenangan di kelas MotoGP : 2002, 2004, 2005, 2007, 2009, 2013, 2015 & 2017
  • (2) Valentino Rossi peraih pole position terbanyak di Assen : (5 kali ). Johann Zarco, Cal Crutchlow, Aleix Espargaro, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso masing-masing 1kali.
  • (3) Valentino Rossi pembalap dengan lap tercepat (fastest laps) di Assen (7 kali). Marc Marquez dan Dani Pedrosa (2 kali) Scott Redding dan Danilo Petrucci ( 1 kali)
  • (4) Valentino Rossi juga pemegang rekor podium terbanyak di Assen  dengan 10 kali. Dani Pedrosa dan Marc Marquez 5 kali.
  • (5) Sejak GP Belanda ( Assen ) bergulir, pembalap Yamaha menang 9 kali, Honda 6 kali menang, dan Ducati 1 kali

sumber : motogp.com/en/Results+Statistics

Be the first to comment

Leave a Reply