Pasar Otomotif Indonesia Dipanaskan dengan Adanya Mobil Baru



pameran-mobil

RiderTua Mobil – Saat ini pasar otomotif Indonesia didominasi oleh mobil penumpang. Mulai dari MPV sampai SUV, dan dari ‘senior’ sampai ‘junior’. Tetapi nyatanya kehadiran pemain baru di Indonesia membuat pemain lama agak kesulitan bergerak. Pasar otomotif Indonesia dipanaskan dengan adanya mobil baru.

Baca juga: Pasar Otomotif Nasional Diprediksi akan Menurun Tahun Ini?

Persaingan Makin Ketat

Seperti yang diutarakan oleh PT Astra International Tbk. Penjualan pada kuartal pertama memang bagus di tahun ini. Tetapi sebenarnya mereka sedang mengalami penurunan. Dengan adanya pendatang baru yang berani mematok harga yang lebih murah daripada mereka, maka bisa dipastikan kalau banyak konsumen yang akan ‘move on’.

Namun bukan berarti pesaing tersebut menjadi musuh utama perusahaan yang memegang merek Toyota dan Daihatsu di Indonesia ini. Semua itu dianggap sebagai persaingan sehat dan sudah menjadi hal yang biasa di pasar otomotif. Dimana ada tren mobil baru nantinya akan memudar seiring berjalannya waktu. Tapi itu semua tergantung pada konsumennya sendiri.

Pendatang terbaru yang dimaksud mungkin adalah Wuling dan Sokon yang sama-sama dari China. Keduanya membawa mobil dengan fitur melimpah tetapi harganya terjangkau, seperti Confero, Cortez, dan Glory 580. Inilah yang membuat pemain lama seperti Avanza, Innova, dan CR-V dan masih banyak model lain agak gentar melawannya.

Melihat fenomena mobil China berbanderol murah namun punya produk yang tak kalah OK sama pabrikan Jepang, konsumen mulai berani menilai dan membandingkan kalau mobil-mobil ‘senior’ ini memiliki harga yang terlalu mahal tetapi dengan fitur yang seadanya.

Be the first to comment

Leave a Reply