Bosch Kembangkan Alat Anti-Jatuh untuk Sepeda Motor



teknologi motor anti jatuh bosch
(Foto: LINE Today) teknologi motor anti jatuh bosch

RiderTua mobil – Mengendarai sepeda motor perlu konsentrasi tinggi enggak boleh ‘meleng’ sedikitpun. Karena jika sampai lalai bisa terjatuh dari motor. Memang mengendalikan sepeda motor lebih sulit hanya untuk bisa mengendalikan keseimbangan. Bosch kembangkan alat anti-jatuh untuk sepeda motor.

Baca juga: mySPIN Teknologi Koneksi dengan Hape Terkini dari Bosch

Teknologi yang Semakin Canggih

Melihat adanya kejadian tersebut, Bosch berencana untuk mengembangkan teknologi yang dapat mencegah pemotor terjatuh. Teknologi ini disebut menggunakan teknik ala astronot, yaitu penggunaan pendorong gas. Cara tersebut memang sering digunakan oleh astronot karena tak adanya gravitasi di luar angkasa.

Cara kerjanya yaitu, saat motor akan terjatuh karena suatu masalah, sistem tersebut akan menggunakan pendorong gas yang dilepaskan, untuk selanjutnya mendorong motor ke arah berlawanan. Dengan begitu motor bisa diseimbangkan kembali. Tetapi ada kelemahannya yaitu kalau sudah dipakai sekali maka untuk mendapatkannya lagi harus membelinya kembali. Ini mirip dengan airbag pada mobil, saat sudah dipakai maka pengemudi harus memasang airbag baru.

Saat ini teknologi pendorong gas tersebut masih dalam tahap uji coba oleh Bosch. Entah kapan bisa dipasarkan secara global, tetapi dengan adanya teknologi ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kecelakaan motor di jalan. Tapi memang biaya penggantian pendorongnya mungkin mahal, tapi lebih baik begitu daripada kena kecelakaan harus masuk rumah sakit dan harus membayar ganti rugi ataupun perbaikan motor.

Be the first to comment

Leave a Reply