Anak dibawah 17 Tahun Bawa Motor Tidak Ditilang di India, Asal….

(Foto: keponews) pengendara motor bawah umur di india

RiderTua Motor – Di hampir semua negara termasuk Indonesia, anak-anak dibawah usia 17 tahun tidak diperbolehkan mengendarai sepeda motor sampai mereka diijinkan memiliki SIM sendiri. Memang sangatlah membahayakan jika membiarkan mereka menggunakan motor di jalan raya. Dan jangan salahkan pak polisi jika anak-anak di bawah umur ini akhirnya ditilang. Tapi tidak di India. Anak dibawah 17 tahun bawa motor tidak ditilang di India. Weladalah !

Baca juga: Truk Pengantar BBM Solusi Atasi Antre di SPBU dari India, Jenius Kakang Bro!

Pengendara di Bawah Umur yang Makin Banyak

Namun aturan lalu lintas di India lain lagi. Ada aturan yang dikeluarkan pemerintah disana kalau anak-anak umur 16-18 tahun boleh mengendarai sepeda motor. Asal, motor tersebut menggunakan mesin 100cc atau ke bawah. Lho, kok malah dibolehkan sih, pak? Meski dibawah 100cc tapi kan tetep motor Pak? Bisa lari kenceng juga tuh !

Perlu diketahui jika seseorang ingin membuat SIM di India, saratnya harus berumur 18 tahun ke atas. Sebelumnya pemerintah mencoba membuat aturan mengenai SIM khusus anak umur 16 tahun dan hanya boleh mengendarai motor 50cc. Tetapi produsen sepeda motor yang menetap disana tidak banyak yang memproduksi motor tersebut. Sehingga inilah yang membuat pemerintah India mencanangkan aturan baru tersebut.

Meskipun begitu, banyak anak dibawah umur tersebut masih bisa mengendarai motor dengan leluasa di jalan raya. Sebenarnya aturan dan sanksi jika melanggar disana lumayan ketat juga loh. Kalau aturan ini dilanggar maka polisi akan langsung menjebloskan orang tua si anak ke penjara.

Mungkin bisa dibayangkan kalau anak dengan umur segitu diperbolehkan berkendara di jalan. Tentu sangat membahayakan karena angka kecelakaan di India tertinggi yaitu berasal dari pengendara dibawah umur. Ada yang mengatakan kalau memberi motor ke anak dibawah umur sama saja bertaruh nyawa sang anak. Kebanyakan orang tua melakukannya karena tidak ingin si anak kerepotan saat akan berpergian. Tapi sebaiknya jangan diberi motor terlebih dahulu sebelum memiliki SIM, ya !

1 Comment

  1. gile kalo diterapin disini, penjara bisa penuh, secara suka liat bapak2 idiot yg dengan bangga ngajarin anak nya yg masih sd naik motor

Leave a Reply