Sirkuit Nurburgring yang Selalu Jadi Sorotan Produsen Mobil Ternama



(Foto: Tribunnews.com)

RiderTua Mobil – Siapa yang tak kenal dengan sirkuit Nurburgring? Lintasan balap yang berlokasi di Jerman ini menjadi salah satu daya tarik karena banyak produsen mobil terkenal saling adu kecepatan. Sebut saja Lamborghini, Ferrari, sampai Honda pernah menjajal sirkuit ini. Lalu apa yang menjadikan sirkuit ini istimewa daripada sirkuit lainnya?Sirkuit Nurburgring yang selalu jadi sorotan produsen mobil ternama.

Baca juga: Dikebut, Penampakan Nyata Pembangunan Sirkuit Finlandia, Salip MotoGP Indonesia !

Sirkuit yang Pas Bagi Pecinta Kecepatan

Menurut carbuzz, Nurburgring merupakan sirkuit dengan kapasitas dan area yang pas untuk menguji kecepatan mobil saat dilajukan dalam kecepatan tinggi. Beberapa trek dan tikungan yang salah satunya bernama Nordschleife atau Northern Loop memiliki kriteria yang bagus untuk menguji mobil sport. Dari sinilah ada yang menilai sirkuit Nurburgring lebih unik dari yang lain.

Northern Loop (Nordschleife) merupakan trek khas Nurburgring yang memiliki panjang lintasan 12,93 mil, 73 belokan (33 kiri dan 40 kanan) dan ketinggian puncak mencapai 2024 kaki. Kalau membayangkannya sudah dibuat pusing karena sirkuit ini penuh dengan tikungan. Apalagi mengingat kalau di ketinggian tersebut mobil akan mengalami tekanan yang cukup besar, bahkan turunannya juga terlihat agak ekstrim.

Kalau mobil tidak siap menghadapi keganasan Nurburgring, maka bisa-bisa terlempar keluar dari trek alias off-camber. Buktinya bisa dilihat dari tembok pembatas yang terlihat adanya ‘lubang-lubang’ bekas tabrakan. Entah kenapa pihak pengurus sirkuit tidak memperbaikinya.

Inilah yang menjadi tantangan terbesar bagi produsen mobil yang ingin menguji mobil sport-nya sebelum diproduksi secara massal. Semuanya diuji, mulai dari ketahanan suspensi, aerodinamika, koefisien drag, hingga konsumsi bahan bakar. Jadi tak hanya kecepatan saja yang dicatatkan. Itu dilakukan untuk menghasilkan mobil terbaik.

Be the first to comment

Leave a Reply