Konsumen Zaman Now Lebih Suka Sewa Mobil daripada Beli Mobil Bekas

(Foto: Metro Tempo.co)

RiderTua Mobil – Kalau sudah memasuki bulan Ramadhan atau jelang mudik Lebaran, pasti masyarakat Indonesia sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Entah nyari tiket atau nyari kendaraan khususnya mobil. Untuk mobil, mau beli atau sewa ? Kalau beli, mau beli mobil baru atau bekas ?Tetapi tahukah anda jika akhir-akhir konsumen zaman now lebih suka sewa mobil daripada beli mobil bekas. Kenapa ?

Baca juga: Tarip Tol Bakal Didiskon Hingga 10 Persen Saat Musim Mudik Lebaran

Lebih Gampang, Tapi Jangan Sampai Kehabisan

Tren ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2010 silam. Dulu banyak orang yang membeli mobil hanya untuk kepentingan mudik lebaran saja, pulang kampung pakai mobil baru (meski bekas) ! Namun karena berbagai alasan dan faktor, setelah lebaran usai mobil itupun kemudian dijual.

Memang, setelah mudik Lebaran usai tak sedikit yang menjual mobilnya lagi ke pasar mobkas. Mungkin itulah mengapa jumlah stok mobil bekas selalu meningkat setelah Lebaran. Lalu lebaran tahun depan ada yang membeli lagi, kemudian dijual lagi dan begitu seterusnya.

Tetapi itu dulu, konsumen zaman now lebih memilih praktisnya saja. Mereka lebih memilih untuk menyewa mobil daripada repot-repot membeli mobil bekas. Ini dikarenakan lebih praktis dan selain itu biaya sewanya tidak terlalu mahal. Untuk masalah biaya, tergantung lamanya si konsumen menyewanya. Sedangkan membeli mobil bekas tentu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi perawatannya cukup sulit juga karena terkadang ada mobil bekas yang suku cadangnya sudah tidak dijual lagi.

Sepertinya lebih baik begitu daripada harus ‘dipaksakan’ untuk membeli mobil hanya untuk sekedar gengsi saja. Namun dikabarkan pasar mobkas sedang terancam, akan adanya diskon besar-besaran jelang Lebaran dari produsen mobil untuk mobil barunya. Tentu ini bisa menjadi masalah tersendiri bagi para pebisnis mobkas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*