Mobil Suzuki Lainnya akan Kebagian Mesin Baru Ertiga?

all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua Mobil – Pembaruan untuk Suzuki Ertiga memang benar-benar mengubah total baik eksterior maupun interiornya. Tak hanya itu saja, mesinnya juga ikut berubah dari yang sebelumnya 1.4L menjadi 1.5L, sehingga membuatnya lebih bertenaga. Mesin tersebut tak lain adalah tipe K15B. Mobil Suzuki lainnya akan kebagian mesin baru Ertiga.

Baca juga: Ini Platform yang Dipakai New Ertiga
suzuki-swift-sport
(foto: Jackson Motor Company) suzuki-swift-sport

Akan Diterapkan ke Mobil Lain

Sebenarnya dari awal dikenalkan, Ertiga memiliki mesin 1.5L. Tetapi ketika mendapat facelift pertamanya diturunkan menjadi 1.4L. Ini dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang mobil. Malah di facelift keduanya dinaikkan lagi, tetapi kali ini antara performa dengan kenyamanan mobil sudah bisa diseimbangkan.

Mesin K15B dikatakan menghasilkan tenaga lebih baik daripada mesin K14B sebelumnya yang digunakan pada Ertiga lama. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimum 103 hp di putaran 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Meski bertenaga lebih besar namun mesin ini juga irit bahan bakar, sehingga pengemudi tak usah khawatir mengenai konsumsi BBM-nya.

Memang bukan terbilang mesin baru, karena sudah digunakan pada Swift. Artinya hanya dua mobil itu yang mendapatkan mesin K15B, sementara lainnya masih menggunakan mesin lama. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi Suzuki untuk bisa menerapkannya pada model selain Ertiga dan Swift. Ditambah dengan investasi mesin yang dilakukan selama ini maka itu akan menjadi bagian dari strategi Suzuki.

Be the first to comment

Leave a Reply