Ini Platform yang Dipakai New Ertiga



all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua.com – New Ertiga mendapat banyak perubahan, mulai dari eksterior sampai interior. Soal penampilan luarnya, banyak yang menganggap kalau model depannya malah terlihat seperti Innova atau Xpander untuk bagian belakangnya. Lalu seperti apa platform yang digunakan Ertiga terbaru? Ini platform yang dipakai New Ertiga.

Baca juga: Suzuki Bakal Genjot New Ertiga Diekspor ke Negara Tetangga

Pinjam Platform dari ‘Saudaranya’

Sebenarnya New Ertiga menggunakan teknologi ‘Heartect’, platform yang sama digunakan pada saudaranya Swift Sport. Platform yang dipakai untuk Ertiga anyar adalah frame utuh dan tersambung, tidak seperti platform lainnya yang terpisah-pisah menjadi beberapa bagian. Ini membuat bentuk bodi mobil bagian bawah menjadi kaku, tetapi jika terjadi tabrakan atau benturan maka resiko penumpang terluka parah bahkan meninggal bisa diminimalisir.

Dengan menggunakan Heartect, maka berat mobil menjadi lebih ringan, termasuk penggunaan baja ultra high tensile. Kemudian mampu meredam kebisingan dan getaran mesin mobil ataupun dari luar mobil. New Ertiga kini lebih panjang 130 mm dari model sebelumnya, sehingga ukuran kabinnya menjadi lebih luas.

Saat ini hanya Swift Sport dan New Ertiga yang menggunakan platform Heartect. Suzuki masih belum yakin mobil mana lagi yang jadi pengguna Heartect. Tetapi setidaknya untuk saat ini hanya keduanya yang dibuat dari basis Heartect.

Donny Ismi  Saputra selaku Direktur Pemasaran 4W PT. SIS (Suzuki Indomobil Sales) mengatakan

“Selain bawa mesin baru (K15B), New Ertiga pakai platform yang sama dengan Swift Sport. Jadi benar-benar full model change”



Be the first to comment

Leave a Reply