Hyundai Serius Mau Bangun Pabrik di Indonesia



booth hyundai di iims 2018
(Foto: CNN Indonesia)

RiderTua Mobil – Hyundai Motor Company (HMC) menunjukan keseriusannya dalam berinvestasi di Indonesia. Wacana mendirikan pabrik untuk kawasan Asia Tenggara yaitu di Indonesia dan Vietnam disebut sudah dalam proses tahap finalisasi. Hyundai serius mau bangun pabrik di Indonesia.

Baca juga: Hyundai Indonesia Tertarik Main di Kelas Low Segment ?

Indonesia Jadi Pusat Produksi Hyundai

Apa yang melatarbelakangi Hyundai mau membangun pabriknya di Indonesia ?Karena Indonesia merupakan pasar otomotif yang paling ramai dan paling potensial di kawasan Asia Tenggara. Geliat pertumbuhannya selalu meningkat di setiap tahunnya.

Pabrik  yang akan didirikan di Indonesia ini akan menjadi salah satu pabrik Hyundai yang terbesar. Hyundai berkeinginan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil Hyundai (production base) di kawasan ASEAN ini.

Meski selama 4-5 tahun kemarin, penjualan Hyundai di Indonesia sedikit stagnan bahkan mengalami penurunan, namun hal ini juga dipicu karena kondisi ekonomi dunia yang juga sedang mengalami penurunan. Hyundai yakin jika infrastruktur di Indonesia sudah beres semua maka Indonesia bakal bangkit lagi seperti kejadian tahun 1998 silam.

Saat terjadi krisis ekonomi tahun 1998, Indonesia hanya bisa menjual 68.000 unit saja. Namun selang 2 tahun setelah krisis moneter itu atau tepatnya tahun 2000, pasar otomotif Indonesia pun bangkit dan bisa membukukan penjualan hingga 300.000 unit dalam setahun.

Tanggapan Hyundai Indonesia

Mukiat Sutikno selaku Presdir PT. Hyundai Motors Indonesia (HMI) mengatakan

“Saya katakan, Hyundai Motor Company Korea sudah berbincang dengan Menteri Perindustrian Airlanggga Hartarto. Dan sekarang statusnya masih mem-finalisasi. Tapi saya harapkan hasilnya akan baik. Apalagi Presiden Jokowi ada rencana berkunjung ke Korea. Moga-moga ada kabar yang lebih baik.”

2 Comments

  1. Sebenarnya klo dari dulu hyundai ma kia mo bikin pabrik d sini, mngkin pnjualanya tak sburuk skarang. Krn sjatinya mereka punya kualitas dan tehnologi. Saya stuju bngt klo mreka mo bngun pabrik d sini

Leave a Reply