Hyundai Indonesia Tertarik Main di Kelas Low Segment ?



hyundai-santro-2018
(Foto: Zigwheels) hyundai-santro-2018

RiderTua.com – Pasar mobil di Indonesia yang paling ramai dan seru tentu di kelas MPV baik itu low MPV ataupun medium MPV namun tidak untuk kelas High MPV. Selain kelas tersebut ada juga kelas LCGC (low cost green car) atau bahasanya low segment yang juga sengit pertarungannya. Bagaimana dengan produsen asal Korea Selatan Hyundai ? Hyundai Indonesia tertarik main di kelas low segment ?

Baca juga: Hyundai H1 Terbaru Makin Elegan Namun Gagah

Belum Ada Produk

Kiprah Hyundai bermain di dunia otomotif Indonesia memang tidak begitu sukses. Tidak sesukses merek-merek asal Jepang. Namun hingga saat ini Hyundai belum mau bermain di segmen ‘gemuk’ yaitu di kelas low segment maupun di kelas low MPV. Kenapa ?

Karena Hyundai Indonesia tidak atau belum mempunyai produk yang dimaksud. Mukiat Sutikno selaku Presdir PT. Hyundai Motor Indonesia (HMI) mengatakan

“Untuk bermain di segmen itu, kami belum ada produk. Kalau Hyundai India mereka punya banyak. Nanti akan ada lagi Hyundai Santro yang kini sedang mereka kembangkan”

Rencana Bangun Pabrik Di Indonesia

Kedatangan produsen mobil asal China berhasil menggebrak pasar mobil di Indonesia. Mereka tak tanggung-tanggung dalam berinvestasi disini. Mereka pun langsung membangun pabriknya di Indonesia dan memperluas jaringan penjualan di seluruh Indonesia. Karena pabriknya ada disini maka mereka berani mematok harga yang murah, sehingga jualannya cukup sukses disini.

Apa yang dialami pabrikan asal China ini juga dicermati pihak Hyundai. Kalau mau terjun ke low segmen ya setidaknya harus punya pabrik disini. Kenapa ? Karena tak harus mendatangkan unit dari luar negeri bukan ?Inilah yang menyebabkan harga mobil yang diimpor dari luar lebih mahal dijualnya.

Presdir PT. HMI pun juga mengamini hal ini. Beliau mengatakan

“Jadi kalau main low, harus (harganya) Rp 150 juta-an kebawah. Ada beberapa produk yang mungkin, tapi kembali lagi produk tersebut harus dirakit di Indonesia agar kompetitif. Ini terus terang belum ada di Indonesia. HMC Korea masih under development. Rencana 1 sampai 2 tahun kedepan”

Dari pernyataan diatas, menyiratkan bahwa Hyundai tertarik untuk membangun pabriknya disini dan bermain di kelas low segment. Kalau jualannya mau laris di Indonesia, kayaknya hal itu memang harus dilakukan Hyundai deh !

Be the first to comment

Leave a Reply