Honda: Motor Zaman Now Tak Pakai Engkol/Kick Starter

kick starter vario
(Foto: Trio Motor) kick starter vario

RiderTua.com – Selain lampu sein yang dibuat terpisah dengan lampu belakang (kayak motor sport), ada satu lagi yang ‘beda’ dari tampilan baru All New Honda Vario ini. Coba perhatikan ke arah bawah, sudah tak terlihat kick starter atau biasa disebut engkol lagi. Kenapa ?Motor zaman now tak pakai engkol/kick starter itu kata Honda.

Baca juga: 2018 All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125

Berdasar Survey dan Tren

Perubahan pada Vario terbaru ini bukan tanpa alasan. Semua berdasar pada hasil survey kepada konsumen. Dan konsumen Indonesia sudah tidak membutuhkan starter engkol lagi karena hampir atau jarang sekali digunakan.

Selain berdasar pada survey, pertimbangan lain karena produsen harus selalu mengikuti tren motor dunia yang lagi ‘in’. Lihat saja pada big bike, motor sport atau skuter besar, hampir semua sudah menghilangkan starter engkol.

vario terbaru tanpa kick starter
(Foto: kompas otomotif.com) vario terbaru tanpa kick starter

Solusi Honda

Pertanyaan selanjutnya, trus gimana kalau tiba-tiba aki ngadat dan motor enggak mau distarter ? Tenang Sob…Honda sudah mengantisipasi hal itu. Pertama karena Vario terbaru ini sudah dipasang fitur Smart Key. Kedua, terdapat indikator baterai di speedometer. Jadi pengendara bisa mengira-ngira kapan aki harus diganti sebelum motor ngadat gak mau distarter.

Penjelasan PT. AHM

Thomas Wijaya selaku Marketing Director PT. AHM  (Astra Honda Motor) menjelaskan

“Itu terjadi karena kami mengikuti tren motor dunia. Lalu survey masyarakat yang memakai kick starter juga menurun dan berkurang. Nah, secara psikologi memang membawa perasaan lebih aman. Tapi sekali lagi secara survey menurun pengguna kick starter. Iya ini kita letakkan di Vario keatas. Kita masih study untuk menghilangkan kick starter di motor Honda entry level seperti Beat, Scoopy dan lainnya. Dan ingat, ini tidak memboroskan aki ya, karena akan ngecas setiap motor berjalan”

Be the first to comment

Leave a Reply