Akankah Xpander Mampu Mempertahankan Tahta Sebagai Raja LMPV?

Avanza vs xpander
Avanza vs xpander

RiderTua.com – Mitsubishi Xpander membuat kejutan pada segmen LMPV, seperti apa yang terjadi di bulan Februari yang lalu ketika Xpander mampu menggeser posisi Toyota Avanza. Xpander berhasil menduduki peringkat utama penjualan wholesales bulan Februari 2017. Xpander menyalip semua pesaingnya hanya beberapa bulan setelah diluncurkan. Lalu pertanyaan selanjutnya, akankah Xpander mampu mempertahankan tahta sebagai Raja LMPV ?

Baca juga: Ini Strategi Rahasia Xpander Mampu Kejar Avanza

Xpander Bergerilya

Ketika pertama kali dikenalkan sebagai XM Concept, mobil ini digadang-gadang seperti taglinenya, ‘The Next Generation MPV’ dari Mitsubishi. Ini merupakan mobil MPV yang dikeluarkan setelah Delica. Namun kemampuannya untuk merebut pasar LMPV diragukan oleh banyak orang pada awalnya, termasuk Toyota beranggapan kalau XM Concept tak mampu melawan Avanza yang sudah lama menjadi raja segmen LMPV.

Ketika diluncurkan di GIIAS 2017 dan namanya berganti menjadi Xpander. Mobil baru ini langsung menjadi sorotan masyarakat, karena selain desainnya yang modern layaknya sebuah SUV, harganya juga sangat realistis. Namun Xpander harus menghadapi persaingan sengit dengan para seniornya juga dengan Wuling Confero. Sama-sama pendatang baru di Indonesia, produk asal China ini memiliki fitur melimpah dengan tawaran harga lebih murah. Keduanya sama-sama diluncurkan pada hari itu, dan ini mempersulit Xpander untuk bersaing di segmen LMPV.

Tetapi Mitsubishi tak menyerah begitu saja. Dengan memperluas cabang dealernya serta ‘bergerilya’ mempromosikan LMPV-nya di berbagai kota, Xpander mendapat tempat di hati masyarakat. Hanya dalam waktu beberapa bulan sudah sekitar 40 ribu inden yang dikantonginya. Pelan tapi pasti Xpander menyalip pesaingnya, mulai Confero, Mobilio, Ertiga, Xenia, dan akhirnya mampu juga mengungguli ‘Raja’ Avanza pada bulan lalu.

Mampukah Xpander Bertahan ?

Meskipun sudah berada di posisi puncak, Mitsubishi tidak boleh puas begitu saja. Mereka masih mengawasi kalau suatu saat nanti Avanza akan ‘menyerang balik’ ke Xpander. Apalagi Toyota masih menjadi produsen yang menjual unit terbanyak di Indonesia terjual 27.665 unit, sementara Mitsubishi di posisi kedua dengan penjualan 18.411 unit. Daihatsu terjual 15.660 unit, Honda 11.894 unit, dan Suzuki berada di posisi kelima dengan penjualan 11.115 unit.

Banyak orang mulai mempertanyakan apakah Xpander mampu mempertahankan kedudukannya untuk beberapa bulan atau tahun yang akan datang. Mengingat kalau tahun ini Suzuki juga akan melakukan pembaruan untuk Ertiga. Dan ada kemungkinan kalau akan ada model LMPV baru yang akan hadir suatu saat nanti. Ada yang memprediksi kalau Xpander akan ada di posisi puncak hanya sementara saja. Kemudian perlahan turun peringkat seperti yang pernah dialami pada Ertiga atau Mobilio.

Saat Honda mengeluarkan Mobilio pada tahun 2014, pada bulan-bulan awal penjualan Mobilio sangat luar biasa. Begitu juga dengan Suzuki saat mengeluarkan Ertiga baru. Namun keduanya belum pernah sampai menggeser tahta Avanza. Meskipun keduanya hadir namun tak membuat pesona Avanza memudar. Ini beda dengan Xpander. Xpander mampu merajai kelas low MPV bulan Februari kemarin. Ini rekor yang belum pernah dipecahkan merek lain.

Kita lihat saja apa strategi Mitsubishi untuk Xpander selanjutnya agar tetap bertahan berada di posisi puncak kelas low MPV. Dan Toyota pasti juga tak akan tinggal diam posisi Avanza direbut.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*