Apa itu Transmisi AGS ? Ini Penjelasannya

0
Transmisi AGS
(foto: OtoVirtual) Transmisi AGS

Pernah mendengar AGS? Transmisi AGS (Auto Gear Shift) adalah fitur sistem transmisi mobil manual namun ‘berasa matik’. Fitur ini dapat ditemukan pada Suzuki Karimun Wagon R dan Ignis. Apa itu Transmisi AGS.

Baca juga: Tiga Mobil Baru Paling Fenomenal di Tahun 2017

Transmisi AGS

Transmisi ini basicnya tetap transmisi manual, tetapi perpindahan giginya diatur secara elektronik sehingga terasa seperti perpindahan gigi pada mobil matik. Uniknya sistem AGS ini tidak memiliki pedal kopling, dan perpindahan giginya dikerjakan oleh akuator hidrolik yang bekerja sama dengan Transmission Control Modul (TCM) dan Electronic Control Unit (ECU).

Cara kerja AGS adalah seperti transmisi manual biasa tapi ini gak ada pedal koplingnya. Meski begitu anda tetap ‘harus’ membayangkan ada pedal koplingnya. Kenapa ? Karena perpindahan gigi biasanya terjadi saat putaran mesin 2.500-3.000 rpm ketika tuas berada di posisi D. Saat gigi sudah ganti (naik atau turun) mobil terasa sedikit tersendat kayak terasa ada jeda. Gak usah panik. Hal ini terjadi agar memberi waktu piranti akuator hidrolik, TCM dan ECU untuk bekerja.

Respon Konsumen

Tetapi menurut Suzuki, masih ada masyarakat yang belum memahami sistem transmisi AGS ini. Ketika pertama kali diperkenalkan, responnya bisa dibilang lumayan tidak bagus tapi tidak jelek juga.

Tetapi bukan berarti masyarakat bisa memahami transmisi AGS ini sepenuhnya. Memang sangat rumit untuk menjelaskannya, tapi tak ada salahnya untuk mencoba.

Kenapa Suzuki memilih sistem transmisi AGS yang tak biasa ini ? Kehadiran AGS dipersembahkan bagi konsumen Suzuki yang rata-rata lebih menyukai transmisi manual namun penasaran sama transmisi matik.

Nah, transmisi AGS ini lah jawabannya. Transmisi manual namun berasa matik. Kelebihan AGS ini salah satunya adalah biaya perawatannya yang relatif lebih murah. Karena AGS ini sama dengan transmisi manual.

 

Leave a Reply