Helm Cetok Masih Banyak Bertebaran di India

0
Helm Cetok Masih Banyak Bertebaran di India
foto: drivespark.com

Pernah mendengar helm cetok? Itu lo helm yang hanya nutupin kepala bagian atas doank ! Kalo di tempatku namanya helm cebuk (gayung). Di Indonesia sudah jarang orang memakai helm jenis ini, namun yang banyak malah tak pakai helm. Weladalah ! Helm cetok masih banyak bertebaran di India.

foto: drivespark.com
Baca juga : 10 Meme Lucu dan Unik Seputar Helm

Di India Masih Banyak

Di India helm jenis ini memang masih dimiliki sebagian besar orang, tapi sebenarnya helm ini sangat berbahaya jika digunakan untuk berpergian naik motor, karena tidak mencukupi standar keselamatan. Itulah sebabnya polisi rajin merazia pengendara yang menggunakan helm ‘abal-abalan’ ini. dari foto diatas terlihat seberapa banyak helm disita.

Dulu di Indonesia banyak jufa seperti ini namun sekarang sudah kecil atau sudah tidak ada lagi helm yang tidak standart ( SNI). Yang gak SNI ada juga alias gak pakai helm 😀
Saat ini di India misalnya, masih ada pengendara yang menggunakan helm cetok ini. Akibatnya, banyak pengendara yang terjaring razia helm tidak berstandar. Sekitar ratusan helm berhasil disita polisi, untuk selanjutnya masih belum diketahui.

India memiliki standar keselamatan helm sendiri, yaitu ISI (Indian Standard Insititue). Hampir sama seperti SNI, ISI melingkup beberapa standar wajib bagi semua jenis helm, dan helm yang tidak memenuhi standar pasti akan disita polisi, sekaligus memberi rekomendasi helm yang benar bagi pengendara. Namun seperti terlihat diatas masih banyak yang tidak ikuti aturan, mungkin akan sama dengan negara kita. Lambat laun akan standrat semua kali ya..

foto: drivespark.com

Leave a Reply