SION, Mobil Bertenaga Surya yang Sudah Siap Dipesan, Keren Nih !!

Mobil listrik keluarga dengan Panel Photovoltaic (PV panel) atau sumber listrik pada sistem pembangkit listrik tenaga surya sudah mulai bisa di pesan..
Tahun lalu, perusahaan startup asal Jerman, Sono Motore menandai kesuksesannya dalam membuat mobil listrik keluarga pada line up produksinya. Desain Sion mereka meliputi panel photovoltaic 7,5 meter persegi yang terintegrasi dengan bodi luar mobil untuk mengisi baterainya, ketika mobil listrik ini menunggu seseorang untuk mengendarainya. Desain pre-produksi akhirnya diungkapkan bulan April lalu, dan Sion sudah dapat di pre-order juga.
Sion memiliki 330 panel PV mono-crystalline di bagian depan, pintu, bagian belakang dan atap transparan untuk membantu mengisi baterai ketika kendaraan ini dijalankan, atau diparkir di tempat parkir terbuka ataupun dikendarai. Mengolah sinar matahari tidaklah cukup untuk memberi tenaga pada mobil tenaga surya secara sendiri, namun perusahaan mengklaim bahwa sistem PV dari Sion dapat dijalankan hingga sekitar 30 km per hari dalam kondisi ideal.

Sono mengatakan jarak tempuh kendaraan ini dalam jangkauan tenaga surya sejauh 65 km, tetapi dalam cuaca mendung akan mempengaruhi performanya. Namun bisa bekerja sebagai mobil listrik pada umumnya dengan di isi secara sistem plug-in. Dimana jangkauan secara keseluruhan dari Sion yaitu 250 km per isi daya.
Performa mobil listrik keluarga lima pintu ini mempunyai motor listrik 80 kW dengan transmisi single speed ini mampu mencapai top speed 140 km/jam.

Poin penting yang menarik dalam interiornya yang simpel yaitu sistem penyaringan udara, yang membantu menghilangkan debu dari udara di dalam kabin.
Fitur lainnya meliputi sistem infotaimen yang dikendalikan dengan layar sentuh 10 inci, anti-lock brake, airbag pengemudi dan penumpang dan teknologi pengisian bidirectional (dua arah), yang dapat membantu untuk menjalankan baterai dari mobil Sion ini, dan perusahaan mengatakan bahwa pengisian bisa dibagikan dengan mobil listrik lainnya. Daya angkutnya dilaporkan mampu memuat barang hingga 750 kg.
Pemilik Sion akan mendapat pilihan untuk menyewa baterai setelah membayar 250 juta, atau mambeli mobilnya sekaligus dengan paket baterainya. Saat ini Sono membutuhkan pesanan sebanyak 5000 pesanan untuk mencapai tahap produksi, dan jika berlangsung dengan baik, perakitannya akan dimulai tahun depan dengan pengiriman pertama dilakukan tahun 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply